Breaking News:

15 Tahun Damai Aceh

15 Tahun Damai Aceh - Begini Suasana Detik-detik Penandatanganan MoU Helsinki 15 Agustus 2005

Pimpinan Gerakan Aceh Merdeka dan perwakilan Republik Indonesia, sepakat menandatangani MoU untuk menghentikan konflik bersenjata di Aceh.

SERAMBI INDONESIA
Capture halaman 1 Harian Serambi Indonesia edisi 16 Agustus 2005 tentang perdamaian RI-GAM di Helsinki, 15 Agustus 2005. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Hari ini 15 tahun lalu, tepatnya 15 Agustus 2005, sebuah sejarah bagi rakyat Aceh dan Indonesia, tercipta di Helsinki, Finlandia.

Setelah melalui serangkaian dialog dan diskusi alot, para pimpinan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan perwakilan Republik Indonesia, sepakat menandatangani kesepahaman bersama atau memorandum of understanding (MoU) untuk menghentikan konflik bersenjata di Aceh.

Penandatanganan MoU Kesepakatan Damai yang kemudian lebih dikenal dengan MoU Helsinki itu, menjadi titik penting dari terhentinya konflik yang mendera Aceh selama lebih 29 tahun.

Rakyat Aceh yang sebelumnya selalu diliputi ketakutan dan nestapa, mulai berani manggantungkan cita-cita, menuju Aceh yang damai, berkeadilan, bermartabat, dan sejahtera.

Peristiwa ini terus dikenang dan diperingati setiap tahun.

Tujuannya adalah untuk menjaga dan merawat agar damai tetap bersemi di Nanggroe Mulia ini.

Sebagai bagian dari upaya mengenang sejarah dan merawat damai ini, berikut kami turunkan kembali liputan langsung wartawan Harian Serambi Indonesia dari Helsinki Finlandia yang dimuat di Harian Serambi Indonesia edisi Selasa 16 Agustus 2005.

Liputan eksklusif ini kami turunkan kembali dalam beberapa bagian yang dirangkum dalam topik “ 15 Tahun Damai Aceh”.

Dimulai dengan liputan utama tentang suasana detik-detik penandatanganan MoU yang dikemas dalam berita berjudul “Laporan dari Helsinki, Aceh Damai”.

Berikut ini laporan utama Serambi Indonesia edisi 16 Agustus 2005: 

HELSINKI - Setelah nyaris 29 tahun berkuah darah dan banjir air mata, konflik di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) menemui starting point menuju Aceh yang damai, berkeadilan, bermartabat, dan sejahtera.

Sebuah ruang utama berukuran 12x8 meter di Smolna The Government Bunked Hall (Balai Pertemuan Finlandia) Helsinki, menjadi aksi bisu ketika ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) kesepakatan damai RI‑GAM.

Acara penandantanganan itu diliput sekitar 200 orang wartawan dari media cetak dan televisi, Eropa, Amerika, Asia, termasuk dari media cetak dan lektronik nasional.

Tepat pukul 12 siang waktu Helsinki atau pukul 16.00 WIB, Ketua Delegasi Indonesia yang juga Menteri Hukum dan HAM, Hamid Awaludin, Ketua Delegasi GAM, Malek Mahmud dan Ketua Crisis Management Initiative Martti Ahtisaari yang juga mantan Presiden Finlandia, membubuhkan tandantangan mereka secara bersaman pada lembar kesepakatan damai tersebut.

Koran Serambi Indonesia edisi 16 Agustus 2005 memberitakan kesepakatan perdamaian RI-GAM di Helsinki, 15 Agustus 2005.
Koran Serambi Indonesia edisi 16 Agustus 2005 memberitakan kesepakatan perdamaian RI-GAM di Helsinki, 15 Agustus 2005. (SERAMBI INDONESIA)
Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved