Breaking News:

Berita Bisnis

Anda Mau Cetak Kemasan Produk UMKM? Di Percetakan Serambi Saja dan Dapatkan Bonus Ini

PT Aceh Media Grafika (Serambi Indonesia), sejak tahun 2006 silam, telah melebarkan sayap bisnisnya untuk percetakan komersil.

Dok Serambi Indonesia
Manajer Percetakan Umum Serambi Indonesia, Firdaus Darwis memperlihatkan contoh kemasan produk UMKM yang dicetak Percetakan Komersil Serambi Indonesia dalam podcast, Minggu (6/5/2020). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - PT Aceh Media Grafika (Serambi Indonesia), sejak tahun 2006 silam, telah melebarkan sayap bisnisnya untuk percetakan komersil.

Perusahaan media terbesar di Aceh ini, sejak saat itu tidak lagi hanya mencetak koran sebagai produk hariannya, namun juga bisa mencetak apa pun berbahan dasar kertas.

Manajer Percetakan Umum Serambi Indonesia, Firdaus Darwis dalam podcast di kanal Fanspage Facebook Serambi Indonesia, Minggu (6/9/2020), mengatakan, tahun 2006 adalah pertama sekali Serambi Indonesia melalui PT Aceh Media Grafika mulai melayani orderan klien secara komersil untuk jenis cetakan selain koran dan tabloid.

"Sejak berdirinya surat kabar Serambi Indonesia pada tahun 1989, kita tentu sudah punya mesin percetakan sendiri,” kata Firdaus dalam podcast dengan tema "Pilihan Jitu Cetak Mencetak".

“Saat itu, kita juga terima orderan dari luar, namun masih orderan cetak koran. Saat itu hanya bisa surat kabar atau tabloid," ujarnya.

Hari Ini Bertambah 18 Pasien Positif Covid-19 di Banda Aceh

Bank Aceh Syariah Bireuen Gelar Workshop Pemberdayaan Ekonomi

Lima Pasien RSUD Aceh Tamiang Positif Covid-19, Total Terpapar Corona 59 Orang, Sembuh 48 Orang

Setelah itu, lanjut Firdaus, pada akhir tahun 2006, Serambi pun melebarkan bisnisnya dengan menerima pencetakan komersil apa pun, selain koran atau tabloid.

Kala itu, beber dia, Serambi menambah dua alat percetakan baru, khusus untuk percetakan komersil yaitu Mesin Sordz merek Heidelberg bidang area cetak 63 cm x 89 cm dan Mesin GTOZ merek Heidelberg bidang area cetak 34 cm x 50 cm.

Selain itu juga, ada mesin pendukung lainnya seperti mesin lipat, mesin pond, mesin lem, mesin potong, dan lain-lain. Sedangkan untuk mesin cetak koran yang ada di tiga wilayah yakni Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Abdya, Serambi menggunakan mesin cetak Offset Sordz dan GTOZ.

"Setelah tsunami, kita kembangkan bisnis percetakan dengan menambah alat percetakan baru. Jadi saat itu, yang namanya bahan kertas, kita bisa cetak semuanya sesuai ukurannya," papar Firdaus.

Halaman
12
Penulis: Subur Dani
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved