Breaking News:

Tekad Aminullah Bangkitkan UMKM di Banda Aceh

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi perekonomian kota sudah tak diragu­kan lagi

Tekad Aminullah Bangkitkan UMKM di Banda Aceh
FOR SERAMBINEWS.COM
Aminullah Usman, Wali Kota Banda Aceh

 * IPM Meningkat, Angka Kemiskinan dan Pengangguran Menurun

BANDA ACEH – Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi perekonomian kota sudah tak diragu­kan lagi.

UMKM mampu menyerap ban­yak tenaga kerja, bahkan punya per­an penting dan strategis dalam sektor perekonomian Kota Banda Aceh.

Aminullah Usman, punya per­hatian khusus terhadap sektor UMKM di Banda Aceh. Bagaimana tidak, tak ada sepetak pun sawah, tambang bahkan perkebunan yang bisa dijad­ikan sumber pendapatan. Melainkan sektor jasa, di samping Banda Aceh mengandalkan sektor pariwisata.

Ekonomi kreatif dapat men­jadi salah satu solusi pengentasan pengangguran dan kemiskinan di Kota Banda Aceh. Beragam produk ekonomi kreatif yang dimilikinya akan semakin meneguhkan Banda Aceh sebagai kota dagang, jasa, dan wisa­ta di Aceh bahkan dunia.

Berbicara UMKM, upaya Aminullah memecah kebuntuan dari persoalan klasik, seputar pembiayaan dan pengembangan usaha, yakni dengan menghubungkan UMKM den­gan pemberi modal usaha.

Sebagai seorang akuntan se­nior, Aminullah membuat gebrakan di bidang ekonomi dengan mendirikan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah.

Lembaga itu dikelola tenaga profesional dengan tujuan utama membuka akses permodalan selu­as-luasnya bagi UMKM.

Mulianya lagi, pendirian Mahi­rah dituju untuk memberangus praktik riba yang banyak menjerat pengusaha kecil di Banda Aceh.

Dalam pemerintahan yang dip­impinnya, Aminullah juga terus meng­genjot pemberdayaan UMKM melalui dinas, lembaga, dan badan terkait, mu­lai pelatihan skill, pemberian peralatan, hingga memberikan kemudahan modal usaha bagi pegiat UMKM.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved