Breaking News:

Update Corona di Indonesia

Pemerintah Sebut Hanya Aceh dan Papua yang belum Selesaikan Perkada Protokol Kesehatan Covid-19

Pemerintah menyebutkan hingga saat ini tinggal Provinsi Aceh dan Papua yang belum menyelesaikan penyusunan Perkada Protokol Kesehatan Covid-19.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Safriadi Syahbuddin
FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Pelaksana Harian Tim Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 yang juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menyebutkan hingga saat ini tinggal Provinsi Aceh dan Papua yang belum menyelesaikan penyusunan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) Protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Penyusunan Perkada Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Daerah tersebut sesuai dengan Inpres Nomor 06/2020 dan Inmendagri 04/2020.

Khusus untuk Aceh, baru ada tiga daerah yang menyelesaikan Perkada Protokol, yaitu Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Aceh Tenggara.

Sementara 10 kabupaten dan kota yang sedang melakukan proses penyusunan adalah Pidie, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Kota Sabang, Langsa, Simeulue dan Aceh Barat.

Sedangkan 10 daerah lainnya, Aceh Tengah, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Timur, Aceh Utara, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie Jaya, dan Kota Subulussalam, belum melakukan penyusunan.

Demikian rilis yang diterbitkan Kepala Pelaksana Harian Tim Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 yang juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar, Rabu (9/9/2020).

Kabar Gembira! Bantuan Dana UMKM Cair Rp 2,4 Juta/Orang, Ini Syarat Mengambilnya

Rutin Makan 2 Siung Bawang Putih Campur Madu Selama Seminggu, Ini Keajaiban yang Terjadi Pada Tubuh

PNS Cari Jodoh Ngaku Masih Perawan, Minta Mahar Sejumlah Umur Hingga Mobil Usai Malam Pertama

Bahtiar menyebutkan, penyusunan Perkada merupakan tindak lanjut Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440.05-2770 Tahun 2020 Tentang Tim Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Daerah.

Sementara untuk tingkat provinsi, dari 34 provinsi di Indonesia, tinggal dua provinsi, yakni Aceh dan Papua yang sedang memproses penyusunan. Sedangkan 32 provinsi lainnya sudah selesai.

“Untuk provinsi, sudah 32 provinsi yang telah menyelesaikan penyusunan Perkada. Hanya dua provinsi yang belum selesai, yaitu Aceh dan  Papua,” ujar Bahtiar.

Sedangkan tingkat kabupaten dan kota secara nasional, 346 kabupaten/kota yang sudah selesai, 73 daerah sedang proses dan 93 daerah belum proses.

Bahtiar menyatakan, perlu langkah cepat sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dalam menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di seluruh provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia yang dituangkan dalam Perkada.

"Kami sudah memberikan contoh-contoh Perkada," kata Bahtiar.

“Bagi daerah-daerah yang belum selesaikan dalam menyusun Perkada tinggal mencontoh dan menyesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing," sambungnya.

“Ini harus ditindaklanjuti segera dan menjadi perhatian bersama dalam rangka melaksanakan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 ini, dan kami terus update tiap hari,” pungkas Bahtiar.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved