Breaking News:

Luar Negeri

Muslim Thailand Desak Pemerintah Tetapkan Hari Jumat Sebagai Hari Besar Umat Islam & Libur Nasional

Permintaan itu muncul setelah pemerintah pusat menghadiri pertemuan di distrik Nong Chik Pattani dengan perwakilan Muslim Patani dari empat provinsi.

TribunPadang.com/rizkadesriyusfita
Ilustrasi 

Permintaan itu muncul setelah pemerintah pusat menghadiri pertemuan di distrik Nong Chik Pattani dengan perwakilan Muslim Patani dari empat provinsi.

SERAMBINEWS.COM - Umat Muslim Thailand mendesak pemerintah pusat untuk menetapkan Hari Jumat sebagai hari besar umat Islam dan libur nasional.

Jenderal Wallop Raksanoh mengatakan kepada Bangkok Post, kelompok Muslim di Thailand, khusunya wilayah Selatan, meminta pemerintah pusat untuk menyatakan Hari Jumat sebagai hari suci bagi umat Islam dan hari libur nasional.

Selain itu, kata Wallop, Muslim Patani juga meminta agar Bahasa Melayu dideklarasikan sebagai bahasa resmi Provinsi Pattani, Yala, Narathiwat, dan Songkhla yang merupakan basis Muslim di Thailand Selatan.

Patani adalah kelompok Muslim Melayu di wilayah Thailand Selatan yang berbatasan dengan Malaysia.

Berdasarkan data Pemerintah Thailand, jumlah muslim di wilayah Patani sekitar 1,4 juta jiwa.

Jenderal Wallop mengatakan bahwa, permintaan itu muncul setelah menghadiri pertemuan di Distrik Nong Chik Pattani dengan perwakilan Muslim Patani dari empat provinsi.

Marcella Simon Putuskan Mualaf, Jadi Model Baju Muslimah Sejak Usia 3 Tahun, Kini Mantap Berhijab

OKI dan Liga Muslim Dunia Sepakat Perang Melawan Islamofobia

Dia mengatakan pertemuan itu digelar untuk menerima usulan dan mendengarkan aspirasi warga.

Dalam pertemuan tersebut, kelompok Muslim juga mengusulkan orang-orang Muslim dapat bertanggung jawab atas urusan haji, penyusunan hukum Islam untuk empat provinsi dan pengembangan industri halal.

Halaman
123
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved