Breaking News:

Luar Negeri

Atasi Virus Corona, Uni Eropa Anggarkan Bantuan Dana ke Indonesia Total Rp 3,5 Triliun

Swedia, menyumbangan masker, pakaian, dan kebutuhan lainnya untuk rumah sakit dan perawatan pekerja kesehatan.

IRNA
Ilustrasi virus corona 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Uni Eropa (UE) dan negara anggotanya telah meluncurkan paket "Tim Eropa" untuk membantu Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona, dengan total nilai anggaran sebesar 200 juta euro (Rp 3,5 triliun).

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, mengatakan donasi tersebut memiliki banyak tujuan dan manfaat, mulai dari memasok peralatan perlindungan (APD), hingga investasi untuk memperkuat sektor kesehatan.

 Berdasarkan data yang tercatat, berikut sebagian bantuan yang diberikan oleh negara-negara bagian UE kepada Indonesia dalam menanggulangi pandemi virus corona.

Swedia, menyumbangan masker, pakaian, dan kebutuhan lainnya untuk rumah sakit dan perawatan pekerja kesehatan.

Belgia, menyumbangkan hand sanitizer, vitamin, dan bahan dasar makanan untuk kebutuhan anak.

 Kroasia, menyumbangkan persediaan peralatan kebersihan, makanan untuk rumah sakit dan orang yang membutuhkan.

Polandia, memberikan bantuan dana sebesar 10.000 euro (Rp 174,97 juta) untuk peralatan perlindungan anti Covid-19 di klinik di pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.

Pasangan Kekasih Mutilasi Pria di Kalibata City, Beli Golok dan Gergaji untuk Potong Tubuh Korban

Satlantas Polres Langsa Datangi Terminal Terpadu, Imbau Warga Tidak Berkerumun untuk Cegah Covid-19

“ Pandemi virus corona adalah guncangan sosial dan ekonomi paling mendadak dan terbesar dari generasi kita, yang memengaruhi semua masyarakat secara global.

Sebagai 'Tim Eropa', UE dan negara anggotanya bertekad untuk bekerja sama dengan Indonesia menghadapi krisis," ujar Piket dalam konferensi press virtual pada Kamis (17/9/2020).

Ke depan, kerja sama dengan Indonesia akan termasuk inovasi metode untuk membiayai transisi ekonomi hijau, pembangunan perkotaan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

 "Melalui upaya bersama, kita dapat mengatasi krisis kesehatan dan memastikan pemulihan (ekonomi) yang hijau (ramah lingkungan) dan berkelanjutan," kata Piket.

Kemitraan yang telah berlangsung selama lebih dari 40 tahun, UE dan Indonesia membuat kemajuan besar dalam menangani masalah prioritas bersama dan tantangan global, di antaranya mengatasi krisis kesehatan saat ini dan mengatasi perubahan iklim.

EU dan Kerja sama Negara Anggota UE dengan Indonesia mendukung pertumbuhan ekonomi, sistem kesehatan, pendidikan, sosial inklusi, dan perlindungan lingkungan.

New York Alami Krisis Anggaran Parah, Wali Kota dan Ratusan Staf Balai Kota Terancam Dirumahkan

Empat Jembatan Rangka Baja di Lintas Jantho-Lamno Dibangun Tahun Ini, Serap APBA Rp 34,7 Miliar

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Aceh Barat 53 Orang, 4 di Antaranya Meninggal, 27 Sembuh 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uni Eropa Anggarkan Bantuan Dana ke Indonesia Total Rp 3,5 Triliun untuk Atasi Virus Corona"

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved