Breaking News:

Lomba Tari Ratoh Jaroe

IAF Gelar Lomba Tari Ratoh Jaroe Se-Indonesia Secara Daring, Ini Syarat dan Cara Mendaftar

Untuk juri tari ratoh jaroe ditangani Dek Gam dan Marzuki Hasan sementara untuk juri cover sholawat yaitu Gus Sofa dan Gus Wahid.

SERAMBIWIKI/HENDRI ABIK/Instagram dgam_king
Tari Saman (atas) dan tari Ratoh Jaroe (bawah). 

Laporan Hendri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Islamic Art Festival (IAF) akan menyelenggarakan Lomba Kesenian Religi Tingkat Nasional tahun 2020.

Lomba ini diadakan secara online karena wabah virus Corona dengan mengusung tema 'Semarak Syiar Sholawat Melalui Seni dalam Bingkai Islami'.

Loma dibagi tiga cabang yaitu lomba hadrah, lomba rotoh jaroe, dan lomba cover sholawat.

Kegiatan yang diprakarsai UKM Seni Religi UNS ini dibuka untuk pelajar, mahasiswa dan umum.

Untuk diketahui IAF merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan UKM Seni Religi UNS, yang merupakan tahun pertama diselenggarakan.

Laman yang digunakan yaitu youtube Seni Religi untuk lomba hadrah dan ratoh jaroe sedangkan Instagram @iaf.senireligi merupakan laman untuk lomba cover sholawat.

“Lomba hadrah merupakan cabang lomba yang diikuti oleh tim hadrah dari berbagai daerah guna mengkolaborasikan adanya keselarasan baik dari segi vokal, kreativitas maupun penampilan dengan membawakan berbagai macam sholawat,” jelas Dek Gam kepada Serambinews, Sabtu (10/10/2020).

Warga Bireuen Positif Covid-19 Bertambah Satu Lagi, Kota Juang Paling Banyak

Oknum Brimob Diduga Pukul Sesama Pasien Saat Karantina Covid-19

Terungkap dari Dokumen Ini, Ternyata Inggris Punya Peran dalam Penghancuran Timor Leste

Sedangkan lomba ratoh jaroe juga merupakan cabang lomba termasuk dalam kategori jenis tarian yang diikuti oleh tim dengan personel yang beranggotakan perempuan.

“Penari diiringi alat musik rapa’i yang dimainkan oleh syeikh sebagai penabuh alat musik dan penyair. Tari ratoh jaroe mengkolaborasikan adanya keselarasan baik dari segi gerak, vokal, maupun penampilannya,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Hendri Abik
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved