Breaking News:

Sertifikasi Produk Halal

Ini Tanggapan MPU Terkait Mandat Pemerintah Pusat untuk Tetapkan Produk Halal di Aceh

Hal itu menjadi salah satu kemudahan berusaha dalam hal percepatan dan kemudahan sertifikasi jaminan produk halal yang diatur dalam Undang-Undang Cipt

Penulis: Subur Dani | Editor: Ansari Hasyim
Dok. Serambinews
Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Belum lama ini, Pemerintah Pusat melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, menegaskan, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) akan menjadi lembaga yang menetapkan kehalalan produk di Aceh.

Hal itu menjadi salah satu kemudahan berusaha dalam hal percepatan dan kemudahan sertifikasi jaminan produk halal yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law.

"Penetapan kehalalan produk dilakukan dalam sidang fatwa halal oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang di Aceh akan diputuskan khusus oleh MPU," kata Airlangga dalam rapat sinergitas pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terkait pelaksanaan regulasi Omnibus Law atau Undang-Undang Cipta Kerja, Rabu (14/10/2020).

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali atau akrab disapa Lem Faisal, menjelaskan, dalam hal terkait dengan penetapan produk halal, pemerintah bukan memberi mandat kepada MPU.

Baca juga: Kisah Wanita Kembar Trena & Trini Terpisah 20 Tahun karena Konflik Ambon, Bertemu gara-gara TikTok

Baca juga: PLTMG Arun Respon Demo Warga, 9 Mesin Distop, Hanya Operasional Empat Unit

"Sebenarnya bukan beri mandat tetapi pusat tidak menghilangkan kekhususan Aceh dalam bidang sertifikasi halal," kata Lem Faisal.

Lem Faisal menjelaskan, selama ini MPU Aceh memang telah melakukan sertifikasi produk halal dengan berpedoman pada qanun.

"Selama ini Aceh telah melakukan sertifikasi halal berdasarkan qanun, qanun adalah turunan UUPA," jelasnya.

"MPU berharap Perintah Aceh masih memberikan gratis biaya sertifikasi produk halal khususnya UMKM," pungkas Lem Faisal.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved