Breaking News:

Video

VIDEO Warga Gampong Aree Bangun Masjid Seharga 7,4 Miliar, Galang Dana Hingga ke Luar Negeri

Pembangunan masjid baru ini ditandai dengan dengan acara peletakan batu pertama oleh Abu Mahyiddin Ahmad, Pimpinan Pesantren Darul Muta'alimin Reubee.

Penulis: Habibi | Editor: Habibi

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Warga Gampong Aree, Kecamatan Delima, Pidie, mulai membangun masjid kedua di kemukiman tersebut.

Masjid yang diberi nama At Taibin Glee Ceurih ini berjarak sekitar 1 kilometer dari masjid pertama atau Masjid Al Khasyiin yang berada di pusat pasar Gampong Aree.

Pembangunan masjid baru ini ditandai dengan dengan acara peletakan batu pertama oleh Abu Mahyiddin Ahmad, Pimpinan Pesantren Darul Muta'alimin Reubee, Selasa (27/10/2020).

Ketua Bidang Perencanaan Masjid, Muhammad Iqbal mengatakan, Masjid Attaibin dibangun di atas lahan seluas 1 hektare lebih.

Menurut Iqbal, masjid ini sangat dibutuhkan sebagai pusat kegiatan keagamaan masyarakat di tujuh, dari 14 desa, di Kemukiman Aree.

Selain itu, di sekitar masjid ini juga terdapat sejumlah sekolah dari tingkat dasar hingga menengah atas, serta fasilitas Puskesmas Kecamatan Delima.
Konsultan perencana, Jamaluddin Jamil mengatakan, bangunan Masjid At Taibin yang memiliki luas 20x24 meter ini mampu menampung 500 jamaah.

Berdasarkan perencanaan awal, butuh dana sebesar Rp 7,4 miliar untuk merampungkan bangunan masjid, interior, hingga landscape.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Junaidi YS menyampaikan terima kasih atas kepedulian banyak pihak yang ikut membantu pembangunan masjid ini.

Menurutnya, bantuan dana untuk pembangunan masjid ini mengalir dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat Gampong Aree, dan Kecamatan Delima, para pengusaha, tokoh, dan penguasa di Pidie, serta masyarakat Aceh yang bermukim di Malaysia dan Australia.

Acara peletakan batu pertama Masjid At-Taibin ini dihadiri oleh Bupati Pidie Roni Ahmad SE alias Abusyik, Ketua DPRK Pidie Mahfuddin Ismail MAP, serta para tokoh asal Gampong Aree yang tersebar di berbagai kota di Aceh dan Indonesia.

Kegiatan peletakan batu pertama pembangunan masjid At Taibin Gle Ceurih ditutup dengan santunan terhadap anak yatim, ceramah agama, dan kenduri.

Penulis: Zainal Arifin M Nur

Editor Video: Cut muhammad Habibi

Baca juga: BREAKING NEWS - Pejabat Disdik Aceh Singkil Meninggal Dunia, 9 Hari Sebelumnya Terpapar Covid-19

Baca juga: PM Pakistan Serukan Pemimpin Muslim Lawan Islamofobia, Prancis Bersikukuh Atas Hak Ejek Agama Islam

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved