Breaking News:

Mihrab

Jumat Pertama Rabiul Akhir 1442 H, Dari Peristiwa Penting Hingga Daftar Imam & Khatib di Banda Aceh

Berikut ini daftar lengkap khatib dan imam shalat Jumat 20 November 2020 bertepatan dengan 5 Rabiul Akhir 1442 H, di 60 masjid wilayah Kota Banda Aceh

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Zaenal
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM – Besok, Jumat 20 November 2020, umat Muslim di belahan dunia akan melaksanakan Shalat Jumat perdana pada bulan Rabiul Akhir 1442 H.

Sebagai panduan bagi kaum muslimin, khususnya yang bermukim di Banda Aceh, berikut kami turunkan daftar imam dan khatib atau tata laksana Shalat Jumat besok di 60 masjid di Kota Banda Aceh.

Tapi sebelum sampai pada daftar tata laksanakan Jumat 20 November 2020 di Banda Aceh, ada baiknya kita mengetahui beberapa peristiwa penting dan keutamaan atau amalan di bulan Rabiul Akhir.

Peristiwa penting di Bulan Rabiul Awal

Pengusiran Bani Nadhir

Pengusiran Bani Nadhir atau Nadzir dari Madinah adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada bulan Rabiul Akhir.

Peristiwa ini terekam dalam surah ke- 59 dalam Alquran yaitu Surah Al-Hasyr, yang artinya “Pengusiran”.

Bani Nadhir adalah nama dari suatu kabilah atau perkampungan salah satu kaum Yahudi di Madinah.

Bani Nadhir diusir oleh Rasulullah Saw dari Kota Madinah, karena melakukan pengkhianatan serta usaha tipu muslihat, khususnya di bagian ekonomi, dan merencanakan pembunuhan Rasulullah Saw.

Peristiwa pengusiran Bani Nadhir dari Madinah ini terjadi pada tahun ke- 4 Hijriyah, setelah Perang Uhud dan sebelum Perang Ahzab.

“Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara Ahli Kitab dari kampung halamannya pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan mereka pun yakin, benteng-benteng mereka akan dapat mempertahankan mereka dari (siksaan) Allah; maka Allah mendatangkan (siksaan) kepada mereka dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah menanamkan rasa takut ke dalam hati mereka; sehingga memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangannya sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, wahai orang-orang yang mempunyai pandangan!” (QS. Al-Hasyr ayat 2).

Baca juga: PENTING! Ini 5 Cara Agar Nasi di Rice Cooker Tak Mudah Basi, Wajib Coba

Selain peristiwa pengusiran kaum pengkhianat dari Madinah, sejumlah peperangan juga terjadi pada Bulan Rabiul Akhir. Di antaranya:

* Perang Al-Ghabah dan Al-Ghamar (Dipimpin langsung oleh Rasulullah Saw)

* Penaklukan Damaskus (Damsyik)

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved