Breaking News:

Berita Banda Aceh

Ini Tujuh Tips Aman Bertransaksi Keuangan Secara Online

Zaman sekarang segala hal dapat dilakukan melalui pemakaian smartphone, satu diantaranya adalah transaksi keuangan secara online...

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH –  Zaman sekarang segala hal dapat dilakukan melalui pemakaian smartphone, satu diantaranya adalah transaksi keuangan secara online.

Agar transaksi yang dilakukan aman dan nyaman, maka Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia memberikan tujuh tips aman bertransaksi keuangan secara online yang diposting pada laman Instagram @ojkindonesia pada 19 November 2020.

Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot menyampaikan dalam menggunakan layanan internet atau mobile banking, masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam mengelola nomor telepon seluler yang dipakai dan menjaga kerahasiaan data pribadi.

Ia menyebutkan tujuh tips untuk aman bertransaksi keuangan secara online yaitu pertama, jangan memberikan PIN/OTP kepada siapapun, termasuk oknum yang mengaku sebagai pegawai bank. Ingat bahwa bank tidak pernah meminta PIN/OTP dari konsumen.

Kedua, rutin mengganti PIN/Password secara berkala agar terhindar dari peretasan. Ketiga, hindari akses menggunakan wifi publik, gunakan jaringan internet yang aman ketika melakukan transaksi dan pastikan log out setelah bertransaksi.

Keempat, aktifkan notifikasi transaksi baik melalui SMS atau email. Selalu pantau notifikasi yang muncul. Jika ada yang mencurigakan segera hubungi bank.

Kelima, apabila ingin mengganti/menjual ponsel atau komputer, pastikan jejak keuangan di perangkat yang lama sudah terhapus dengan benar. Keenam, pastikan mengunduh aplikasi/mengakses internet banking pada situs bank yang resmi.

Ketujuh, jika tiba-tiba tidak bisa menggunakan ponsel, maka segera laporkan ke penerbit kartu seluler untuk menghindari cloning sim card.(*)

Baca juga: VIRAL Ayah Hadiahkan Sepeda Baru, Ekpresi Anak Bikin Bergelinang Air Mata

Baca juga: Ternyata Dia Otak Pelaku Begal Pacar Sendiri, Sempat Pura-pura Mengantar Untuk Lapor ke Polisi

Baca juga: Tak Ada Penambahan Kasus Corona di Aceh Singkil, Tingkat Kesembuhan Capai 72 Persen

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved