Breaking News:

Berita Pidie

Terkena Refocusing, Panitia tidak Lagi Subsidi Kafilah MTQ, Juara Wakili Pidie ke Bener Meriah

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pidie dijadwalkan akan berlangsung mulai, Selasa (24/11/2020) besok.

Penulis: Muhammad Nazar | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS.COM/ MUHAMMAD NAZAR
Warga menikmati suasana sore di bekas arena MTQ di Gampong Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Senin (23/9/2019) . 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pidie dijadwalkan akan berlangsung mulai, Selasa (24/11/2020) besok.

MTQ yang diikuti ratusan dari 23 kecamatan tersebut direncanakan akan dibuka langsung Bupati Pidie, Roni Ahmad, SE atau Abusyik di Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pidie.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Pidie, Teuku Sabirin SH MM kepada Serambinews.com, Senin (23/11/2020), MTQ tersebut akan diikuti sekitar 500 lebih peserta dari 23 kecamatan di Pidie dan berlangsung selama 12 hari.

Untuk penyelenggaraan tahun ini, terang T Sabirin, kafilah dari kecamatan tidak lagi disubsidi karena anggaran pelaksanaan MTQ tersebut terkena refocusing.

Tak hanya itu, beber dia, panitia juga tidak menyediakan tempat penginapan bagi kafilah dari 23 kecamatan tersebut.

Baca juga: Tunggu Bidan Desa Pulang ke Klinik, Sepeda Motor Dinas Keuchik di Aceh Utara Disikat Maling

Baca juga: Kini Aceh Miliki Pusat Rehabilitasi Napza Khusus Wanita, Ini Para Pencetus Pendiriannya

Baca juga: Waspada Banjir, Hujan Lebat Berpotensi Guyur Barat Selatan Aceh Besok, Begini Prakiraannya

"Dulunya untuk kecamatan ada disediakan dana, tapi dampak Covid-19 sehingga terjadi refocusing,” papar Kepala DSI Pidie.

“Dana yang diplotkan dalam APBK-P sebesar Rp 800 juta untuk kabupaten. Sementara kecamatan tidak adanya anggaran," sebutnya.

Ia menjelaskan, dana sebanyak Rp 800 juta itu akan digunakan untuk fasilitas kegiatan MTQ, termasuk makan dan minum bagi peserta kafilah, juga honor dewan hakim serta hadiah untuk juara.

"Sedangkan biaya perjalanan kafilah dapat ditanggung kecamatan. Kita telah memberitahukan jauh-jauh hari terkait dana transportasi ditanggung kecamatan," tukasnya.

Di sisi lain, T Sabirin menerangkan, peserta yang menjadi juara di MTQ tingkat Kabupaten Pidie itu akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh di Bener Meriah pada tahun 2021.

Baca juga: Jumlah Utang Indonesia Meroket Jadi Rp 5.756 Triliun, Defisit APBN Nyaris Sentuh Batas Perpres

Baca juga: VIDEO Polres Simeulue Dalami Kasus Ayah Cabuli Anak Angkat. Unit PPA Dampingi Korban

Baca juga: Pelajari & Tandai Gejala Terpapar Covid-19 dari Hari ke Hari, Lakukan Cara Pencegahan Seperti Ini

"MTQ ini direncanakan dibuka Pak Bupati, sekitar pukul 09.00 WIB," tandas Kepala Dinas Syariat Islam Pidie, Teuku Sabirin SH MM.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved