Breaking News:

Luar Negeri

Arkeolog Temukan Goa yang Diyakini Rumah Masa Kecil Yesus Kristus di Nazareth

Bangunan yang berdasarkan pemeriksaan berasal dari abad pertama itu kini dilaporkan menjadi rumah bagi Biara Sisters of Nazareth.

Editor: Faisal Zamzami
Wikimedia Commons, Global Look Press via Russian Today
Foto kanan adalah goa yang diyakini merupakan rumah masa kecil Yesus Kristus di Nazareth, Israel. Tempat itu kini sudah menjadi Biara Sisters of Nazareth. Foto kanan adalah Yesus saat dewasa bersama para murid-Nya.(Wikimedia Commons, Global Look Press via Russian Today) 

SERAMBINEWS.COM, NAZARETH - Seorang arkeolog kenamaan Inggris dengan yakin menyatakan, dia menemukan situs kuno di Nazareth yang diyakini rumah masa kecil Yesus Kristus.

Bangunan yang berdasarkan pemeriksaan berasal dari abad pertama itu kini dilaporkan menjadi rumah bagi Biara Sisters of Nazareth.

Pada abad ke-19, situs itu dipercaya sebagai lokasi di mana Yesus Kristus menghabiskan masa kecilnya bersama dengan Maria dan Yusuf.

Namun, teori tersebut kemudian mulai mendapat bantahan pada media 1930-an, dan sejak saat itu tidak dibahas selama puluhan tahun.

Tetapi Ken Dark, profesor bidang arkeologi dan sejarah di Universitas Reading, Inggris, meyakininya setelah menghabiskan 14 tahun studi dan penelitian.

Dia menjelaskan keyakinan itu didapat setelah memeriksa bongkahan batu besar yang kelihatan utuh, termasuk yang mirip dengan tangga.

Dilansir Russian Today Senin (23/11/2020), berdasarkan pemeriksaan itu dia menduga pada abad pertama terdapat ruang keluarga dan penyimpanan, termasuk atap.

Profesor Dark menemukan bahwa orang-orang di sekitar kawasan itu yakin, situs tersebut adalah rumah Yesus menghabiskan masa kecilnya.

Investigasi yang dilakukan si arkeolog terhadap bangunan dua lantai itu mengungkapkan, gedungnya dibuat dengan begitu detil dan ahli.

Baca juga: Pria Titisan Yesus Kristus Ini Ditangkap Pasukan Khusus Rusia, Ternyata Mantan Polisi Lalu Lintas

Baca juga: Protes Trump Soal Yerusalem, Tidak Ada Festival dan Pasar Natal di Kota Masa Kecil Yesus

Dark menjelaskan orang yang membuat mempunyai pemahaman akan bebatuan yang bagus. Kemampuan yang dipunyai oleh seorang tekton.

Tekton adalah deskripsi profesi Yusuf berdasarkan injil berbahasa Yunani, yang berarti dia tak hanya piawai mengolah kayu, tapi juga mahir membuat bangunan dari batu.

Penelitiannya juga menemukan bahwa sebuah gereja kuno yang dihiasi dengan mosaik ditemukan di samping sisa rumah, di mana bangunan itu didirikan pada abad keempat.

Sekitar satu abad kemudian, sebuah gereja dibangun di atas rumah dan gereja sebelumnya, dan menjadi tempat ibadah terbesar Nazareth pada saat itu.

Gereja ini dihias secara rumit dengan marmer, mosaik, dan persis dengan deskripsi yang muncul pada abad ketujuh silam.

Berdasarkan deskripsi itu, dikatakan bahwa gereja Bizantium besar berdiri di atas rumah Yesus dan menjadi lokasi ziarah yang penting.

Penyelidikan tersebut dituangkan oleh Profesor Dark dalam bukunya yang berjudul The Sisters of Nazareth Convent: A Roman-Period, Byzantine and Crusader Site in Central Nazareth.

Dalam bukunya, Dark menyelidiki kemungkinan bentuk maupun sejarah bangunan abad pertama yang coba dihidupkan sekitar 300 tahun setelahnya.

"Kesimpulan saya berdasarkan bukti antropologi dan studi mengenai tradisi lisan, sama sekali tidak ada alasan untuk tak meyakini bangunan itu (adalah rumah masa kecil Yesus)," jelasnya.

Baca juga: Disdik Nagan Raya Adakan Lomba Cerdas Cermat Peringati Hari Guru, Pesertanya Murid SD & Pelajar SMP

Baca juga: Mengungkap Fakta di Balik Beredarnya Foto Habib Rizieq Terbaring Sakit dan Dijenguk Anies Baswedan

Baca juga: Kasus Pelaporan Pemilik Ternak oleh Satpol PP Berlanjut, Terlapor Sudah Diperiksa, Status Masih Sama

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arkeolog Yakin Temukan Rumah Masa Kecil Yesus di Nazareth",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved