Breaking News:

Berita Aceh Timur

Guru di Aceh Timur Diajarkan Cara Mengelola Perpustakaan

Pustakawan dan pengelola perpustakaan sekolah diharapkan terus berinovasi dalam meningkatkan minat baca siswa.

For Serambinews.com
Bimtek bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah di Lingkungan Kabupaten Aceh Timur Tahun 2020 yang diselenggarakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat. 

Laporan Misbahuddin | Aceh Timur   

SERAMBINEWS.COM, IDI – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah di Lingkungan Kabupaten Aceh Timur Tahun 2020 yang dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 25-27 Nopember 2020 bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur yang dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib SH yang diwakili oleh staf ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik, Drs M Yasin.

Dalam sambutannya, Drs M Yasin mengatakan sudah seharusnya di masa Pandemi Covid-19, pustakawan dan pengelola perpustakaan sekolah untuk terus berinovasi dalam meningkatkan minat baca.

Ia berpesan agar Perpustakaan dan Pustakawan agar terus berkarya dan berinovasi dalam meningkatkan minat baca serta aktif memfasilitasi berbagai kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.

“Saya berharap semoga setelah Bimtek ini peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan sesuai dengan standar,”kata Drs M Yasin saat membuka acara Bimtek bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah di Lingkungan Kabupaten Aceh Timur, Rabu (25/11) di Aula Dispussip Kabupaten tersebut.

Menurut M Yasin, ia meyakini persoalan yang sangat mendasar di Perustakaan saat ini kurangnya tenaga perpustakaan yang profesional sehingga pengelolaan perpustakaan tidak berjalan sesuai yang diharapkan.

Ketua Pelaksana, Suryadi SSos menjelaskan, selama 3 hari peserta dibekali berbagai keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi kebijakan pengembangan perpustakaan di wilayah kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama, Pelayanan dan pelestarian bahan pustaka, pembinaan minat baca, pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi), dan penerapan teknologi informasi di perpustakaan.

Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut menghadirkan narasumber Kakankemenag Aceh Timur, Salman M Ag, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Agussalim MPd, akademisi IAIN Langsa, Dr Sabaruddin MSi, Arkin SIP, Zulfiqri SIP, Aflidar Firya dari Program Studi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry.(*)

Baca juga: Air Hujan Merembes, Ruangan Baru SDN 1 Kualasimpang Butuh Perbaikan, Begini Kata Tim Pembangunan

Baca juga: Polisi Cari Keberadaan Emak-Emak yang Viral tak Pakai Helm hingga Teriakkan Takbir

Baca juga: Jasad Maradona Dimakamkan di Pinggiran Ibukota Buenos Aires, Hanya Dihadiri Keluarga & Teman Dekat

Baca juga: Ini Cara Lunasi Utang kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal Menurut UAS

Baca juga: Pangdam IM: Saya Senang Dapat Tugas ke Aceh

Penulis: Misbahuddin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved