Breaking News:

Berita Aceh Besar

Komisi II DPRK Aceh Besar Minta Diskopukmdag Pastikan Kebutuhan Pokok Aman

Jika kebutuhan pokok tak mencukupi, maka harga melonjak dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Serambinews.com
Terlihat pedagang ayam potong di Lamnga, Kecamatan Montasik, Aceh Besar sedang melayani pembeli. Harga ayam dari Rp 45.000/ ekor hingga mencapai Rp 48.000/ekor. Sabtu (12/12/2020) 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO -  Menjelang libur panjang dan antisipasi bencana alam, Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mursalin SHI, meminta Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar pantau kebutuhan pokok dan pastikan stok aman di Aceh Besar.

"Saat ini kebutuhan pokok mulai merangkak naik di Aceh Besar. Diskopukmdag harus pastikan stok sembako aman dan mencukupi di pasaran hingga awal tahun 2021,"ujar Mursalin kepada Serambinews.com, Sabtu (12/12/2020).

Dikatakan Mursalin, saat ini yang perlu dipastikan adakan ketersediaan kebutuhan pokok mencukupi di pasaran di Aceh Besar.

Kalau stok cukup, maka harga barang stabil, tapi sebaliknya apabila kebutuhan pokok tak mencukupi, maka harga melonjak dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Mursalin, Diskopukmdag harus turunkan tim ke pasar tradisional, pasar kecamatan dan pasar di pedesaan untuk memantau harga barang.

Karena, kata Mursalin, kebutuhan paling besar di Aceh khususnya Aceh Besar adalah telur ayam dan ayam potong yang semakin hari semakin meningkat, apalagi di Aceh meraih kenduri Maulid Nabi, pesta perkawinan dan juga kebutuhan lainnya.

Ditambah Mursalin, saat ini di pasaran harga telur ayam mencapai Rp 52.000 perpapan dari sebelumnya Rp.48.000/papan, dan ayam potong mencapai Rp 48.000/ekor dari biasanya Rp 43.000/ekor hingga Rp 45.000/ekor.

Sementara itu, Salah Seorang Pedagang ayam potong di Lamnga, Kecamatan Montasik, mengatakan, saat ini kebutuhan ayam potong mulai melonjak di pasaran dan harga mulai merangkak naik.

Kenaikan tidak terlalu naik berkisar Rp 3.000/ekor hingga Rp 5.000/ekor.

Terkait hal ini, Plt Kadiskopukmdag Aceh Besar, Darmansyah, yang ditanyai apakah memantau pasar untuk memastikan kebutuhan sembako tersedia di Aceh Besar, Darmansyah menyatakan, mereka setiap hari memantau pasar.(*)

Baca juga: Habib Rizieq Sebut Selalu di Markaz Megamendung, Siap Jawab Pertanyaan Penyidik Hingga Siap Ditahan

Baca juga: Terpidana Kasus Zina Dicambuk 100 Kali

Baca juga: Harbolnas 12.12 Tiba, Catat! Ini 5 Barang yang Nggak Perlu Dibeli Secara Online

Baca juga: Rafli: Jelang Libur Akhir Tahun, Pemerintah Harus Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok

Baca juga: Tips Mudah Lindungi Akun WhatsApp dari Hacker di Smartphone Android, Termasuk Jangan Asal Klik Link

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved