Breaking News:

Heboh Isu Indonesia Bakal Buka Hubungan dengan Israel, dari Mana Kabar Ini Bermula?

Jerusalem Post menyebut Oman dan Indonesia kemungkinan akan menjadi negara berikutnya yang akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel

Kolase TribunWow
Bendera Israel dan Indonesia 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Kabar mengenai rencana pemerintah RI membuka hubungan diplomatik dengan Israel sontak bikin kaget.

Ramai-ramai di tanah air menolak kabar yang pertama kali dihembuskan oleh media Jerusalem Post itu.

Jerusalem Post menyebut Oman dan Indonesia kemungkinan akan menjadi negara berikutnya yang akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber diplomatik mengidentifikasi Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang pembicaraannya telah mengalami kemajuan dan dengan siapa normalisasi dapat diumumkan sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021.

Kementerian Luar Negeri RI melalui Juru Bicaranya Teuku Faizasyah dengan keras membantah kabar tersebut. "Kemenlu tidak pernah berhubungan dengan Israel," ujarnya.

Baca juga: Bantaran Krueng Lamnyong Dibersihkan, Akan Dijadikan Tempat Rekreasi

Baca juga: Arab Saudi Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Rakyatnya, Pendaftaran Mulai Dibuka

Faizasyah mengatakan, Indonesia terus memegang teguh posisinya terkait isu Palestina. Ia menuturkan RI tetap memegang prinsip 'Solusi Dua Negara'.

"Dalam menjalankan Politik Luar Negeri RI terkait isu Palestina, Kemenlu menjalankannya secara konsisten sesuai amanah konstitusi," tuturnya.

Ketua Bidang Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sudarnoto Abdul Hakim meminta pemerintah tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

MUI mendukung langkah pemerintah jika konsisten dalam menjalankan politik luar negeri Indonesia yang anti penjajahan.

"Bagi MUI adalah hak setiap negara di dunia ini mengakui dan membangun hubungan diplomatik dengan Israel. Akan tetapi, tapi Indonesia haruslah tetap konsisten dan konsekuen dengan identitasnya sebagai bangsa yang menentang dan anti penjajahan," ucap Sudarnoto.

Baca juga: Video Call dengan Wanita Tanpa Busana, Nelayan di Bantaeng Diancam dan Dipaksa Kirim Uang

Baca juga: Shalat Dhuha 2 Rakaat, Ibadah Pagi Keutamaannya Menghapus Dosa, Ini Doa dan Tata Caranya

Halaman
1234
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved