Breaking News:

Luar Negeri

Recep Tayyip Erdogan Peringkat 6 Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021, Jokowi Urutan 12

Melansir situs web the Muslim 500, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dinobatkan menjadi sosok Muslim paling berpengaruh 2021.

AFP/ADEM ALTAN
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (AFP/ADEM ALTAN) 

SERAMBINEWS.COM - The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) berafiliasi dengan Royal Aal Al Bayt Institute for Islamic Thought di Amman, Kerajaan Yordania merilis tokoh-tokoh Muslim dunia yang berpengaruh tahun 2021.

Melansir situs web the Muslim 500, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dinobatkan menjadi sosok Muslim paling berpengaruh 2021.

Erdogan melambung ke posisi teratas dari sebelumnya berada di urutan ke-6. 

Selama masa kepemimpinannya, Erdogan banyak dipuja dan juga dikritik oleh lawan.

Walau demikian, dia telah didukung oleh anggota partainya meski juga menuai banyak kritik dari media internasional.

Selama kepemimpinannya, Turki mencapai pertumbuhan ekonomi dan kemajuan global yang signifikan.

Salah satu kebijakannya yang terbaru dan paling populer adalah mengubah fungsi bangunan bersejarah Hagia Sophia atau Ayasofia dalam bahasa Turki, kembali menjadi masjid.

Hagia Sophia yang dibangun pada abad 537 Masehi adalah katedral di masa Konstantinopel (sekarang Istanbul) yang sempat berubah menjadi masjid pada masa Sultan Mehmed II yang menaklukkkan kota pada 1453.

Hagia Sophia pun berubah menjadi museum pada tahun 1935 dalam masa pemerintahan Turki yang sekuler, di bawah pimpinan Mustafa Kemal Ataturk.

Sampai pada akhirnya pada Juli 2020, Erdogan mengubah fungsi bangunan itu menjadi masjid dan dirayakan sebagian besar umat Islam seluruh dunia.

Inilah sampul publikasi The Muslim 500, di mana Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berada di urutan 12 dari 50 tokoh Muslim berpengaruh dunia.(The Muslim 500)
Inilah sampul publikasi The Muslim 500, di mana Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berada di urutan 12 dari 50 tokoh Muslim berpengaruh dunia.(The Muslim 500) 
Halaman
123
Editor: Faisal Zamzami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved