Breaking News:

Cuaca Ekstrem

Cuaca Buruk, SAR Aceh Selatan Imbau Nelayan Utamakan Keselamatan

Karenanya, bagi Nelayan yang hendak pergi melaut diminta harus terus memantau informasi kondisi cuaca melalui BMKG.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Cuaca Ekstrem - Sebuah peringatan dini telah dirilis oleh BMKG berkaitan dengan adanya cuaca buruk dan gelombang tinggi di wilayah Indonesia Sabtu (28/12/2019) besok. 

Laporan Taufik Zass I Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Search And Rescue (SAR) Kabupaten Aceh Selatan, May Fendri SE mengimbau nelayan setempat untuk lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat melaut.

“Kondisi cuaca saat ini sangat ekstrem, karenanya kita mengimbau nelayan untuk tetap waspada dan mengutamakan keselamatan saat melaut. Jika angin kencang ataupun gelombang besar di laut, sebaiknya nelayan mengurungkan niat untuk turun ke laut atau yang sudah di laut merapat ke pantai lebih dahulu. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata May Fendri kepada Serambinews.com, Sabtu (26/12/2020).

Diungkapkannya, perubahan cuaca saat ini telah menyebabkan terjadinya gelombang laut di perairan Aceh Selatan dan sekitarnya menjadi tinggi.

Diperkirakan cuaca seperti ini bisa berlangsung selama satu Minggu kedepan.

Karenanya, bagi Nelayan yang hendak pergi melaut diminta harus terus memantau informasi kondisi cuaca melalui BMKG.

Baca juga: Segudang Manfaat Air Perasan Jeruk Nipis, Bikin Awet Muda hingga Cegah Kanker

Baca juga: Kucing Hampir Digiling Mesin di Pabrik Sampah, Setelah Diselamatkan Diangkat Jadi Wakil Menteri

Baca juga: Malam Ini, Ustaz Amri Fatmi Isi Tausiah Peringatan 16 Tahun Tsunami di Pidie

“Setidaknya informasi itu dapat dijadikan pedoman awal bagi para nelayan sebelum pergi melaut guna meminimalisir kecelakaan,” pungkasnya.

Sesuai informasi yang diterima Serambinews.com dari Pusdalops PB BPBD Aceh Selatan, Jumat (25/12/2020) perkiraan cuaca dari BMKG, Peta Maritim, dan Accuweather Wilayah Tapaktuan saat Pelaporan secara visual berawan dengan suhu 28˚C, arah angin tenggara, dengan kecepatan angin: 8 Km/jam, kelembaban: 72 %, titik embun: 22˚C, tekanan: 1008 mbar, tutupan awan: 99%, Indeks UV: 0 (Rendah), dengan jarak pandang: 6 km.

“Analisis Pusdalops PB BPBD Aceh Selatan berdasarkan pemantauan cuaca dari Pos Damkar di masing-masing Kecamatan, ketinggian gelombang BMKG, Satelit Himawari, Lapan Hotspot, dan accuweather wilayah Tapaktuan dan Sekitarnya dapat dianalisis bahwa rawan potensi hujan ringan sampai dengan lebat disertai angin kencang. Diharapkan kepada piket Siaga Bencana dan piket Damkar untuk siaga dan stand by,” sebut Kalak BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved