Breaking News:

Berita Aceh Besar

Babinsa Beri Penyuluhan untuk Petani Cabai di Lhoknga

Penyuluhan ini bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat binaan serta membuka lapangan pekerjaan di masa pandemi Covid-19.

Dok Koramil 03/Lhoknga
Babinsa Koramil 03/Lhoknga, Sertu Ali Mustain, turun langsung ke kebun warga dan melakukan penyemprotan saat memberikan penyuluhan dan pembinaan pada petani cabai di desa binaannya, Lambaro, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (27/12/2020). 

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Lhoknga Kodim 0101/BS, Sertu Ali Mustain menyambangi masyarakat di desa binaannya di Gampong Lambaro, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (27/12/2020).

Tujuan Babinsa ini untuk membekali penyuluhan dan pembinaan bagi petani cabai, agar tumbuh subur dan tidak diserang hama.

Langkah yang dilakukan Babinsa Sertu Ali Mustain itu, bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat binaan serta membuka lapangan pekerjaan di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda sampai saat ini.

Menurut Sertu Ali Mustain, di Lambaro, Kecamatan Lhoknga, cabai merupakan sayuran yang tepat ditanami dan dikembangkan. Pasalnya, di samping potensi wilayah yang mendukung dan cenderung subur, di desa binaannya itu dinilai dinilai menanam cabai.

Menurutnya, mayoritas masyarakat di Kecamatan Lhoknga bertani. Namun, tidak dipungkiri bahwa ada sebagian besar dari masyarakat petani itu belum memiliki pengetahuan tentang cara menanam cabai yang subur dan tidak diserang hama.

Lalu, agar usaha menanam cabai tersebut dapat ditingkatkan, sehingga secara langsung akan berdampak kepada kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Kami dari Babinsa memang secara intens turun melakukan pembinaan bagi petani cabai,” sebutnya.

Namun, hal lain yang dinilai juga penting, yakni adanya pendampingan yang dilakukan oleh petugas pertanian, sehingga berbagai pengalaman yang diperoleh oleh petani cabai dapat ditularkan ke masyarakat petani lainnya, sehingga menjadi pelajaran dan contoh yang baik bagi warga petani dalam melakukan pengembangan sayuran cabai serta jenis sayuran lainnya yang bermanfaat.

“Sebagai Babinsa kami akan terus memotivasi dan mendorong masyarakat untuk terus berkembang. Harapan kami semakin banyak masyarakat yang menanam cabai, maka semakin tercipta lapangan kerja serta meningkatkan perekonomian bagi masyarakat dalam kondisi pandemi seperti saat ini," pungkas Babinsa Koramil 03/Lhoknga, Sertu Ali Mustain.(*)

Baca juga: Bupati Nagan Raya Serahkan Benih Ikan untuk Kelompok Tani

Baca juga: Harimau Sumatera Berkeliaran di Desa Bukit Meriah, Petani Was-was

Baca juga: Seorang Siswi di Tamiang Meninggal Tergantung di Jendela Kamar, Saat Ditemukan Masih Bernyawa

Baca juga: Sikap MH Berubah Sejak Pulang PKL dari Banda Aceh, Sering Murung Hingga Ditemukan Tergantung

Baca juga: Kapal Aceh Hebat 3 Tiba di Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh, Begini Penampakannya

Penulis: Misran Asri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved