Breaking News:

Salam

Belajarlah Jelang Tes CPNS, Jangan Percaya Rayuan Calo

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NAZAR 
CPNS yang lulus menyerahkan berkas di BKPSDM Pidie.  

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021 yang rencananya pendaftaran penerimaan pada bulan April‑Mei 2021. Kepastian itu disampaikan langsung Pelaksana Tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko.

Sedangkan tentang jadwal penerimaan CPNS ini disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Andi Rahadian. Dia mengatakan, pendaftaran CPNS formasi tahun 2021 dibuka pada April‑Mei tahun ini juga.

Untuk formasi yang diprioritaskan dibuka adalah tenaga guru, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis yang mendukung arah dan prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah. Jumlah formasi yang dibuka tergantung kebutuhan masing‑masing instansi.

Setiap kalai muncul kabar adanya penerimaan CPNS baru, yang paling kasak kusuk adalah mencari “pintu masuk” illegal. Yakni, orang-orang yang bisa membantu meluluskan menjadi CPNS. Dulu, belasan tahun lalu, itu memang seolah menjadi hal yang biasa. Anak orang-orang penting dan orang-orang kaya pasti akan mendominasi kelulusan tes CPNS.

Namun, sejak beberapa tahun terakhir, setelah adanya pembaruan sistem tes CPNS, maka calo-calo dan memo-memo pejabat tak lagi. Mayoritas yang lulus tes CPNS adalah mereka yang benar-benar memiliki kemampuan. Akan tetapi, di masyarakat, budaya mencari pintu masuk illegal, dipercaya masih terbuka. Hal inilah yang kemudian dieksploitasi oleh orang-orang jahat yang biasa kita sebut calo.

Masih banyaknya orang-orang yang menjadi mangsa calo sering kita ketahui setelah para korban melaporkan ke polisi. Tak tanggung-tanggung, ada yang sudah menyerahkan uang mulai Rp 10 juta hingga Rp 100 juta kepada calo. Pada akhirnya, si calon tak menjadi CPNS sedangkan duitnya raib.

Oleh sebab itulah, setiap kali musim penerimaan CPNS untuk semua instansi dan sekolah kedinasan, calon pserta tes atau masyarakat selalu diingatkan supaya menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi testing CPNS. Jadi bukan menjual harta benda kemudian duitnya menjadi modal foya-foya calo.

Jangan pernah percaya pada pihak manapun yang bisa menjanjikan  membantu meluluskan. Sekarang betul-betul seleksi secara terbuka, secara objektif, dan masing‑masing bisa melihat langsung nilai yang diperoleh setelah ujian.

Sistem tes CPNS dan masuk ke perguruan tinggi kedinasan sejak beberapa tahun terakhir sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan aplikasi yang sangat aman. Sehingga tingkat kelulusan bergantung kepada kemampuan masing‑masing peserta dan nilai dapat dilihat secara langsung.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian beberapa waktu lalu mengingatkan masyarakat supaya jangan sampai menjadi korban calo. Dan, jajaran Kemendagri serta Pemerintah Daerah diminta secara serius memberantas calo.

Peringatan itu disampaikan setelah terungkap adanya oknum pegawai negeri yang terbukti menjadi calo CPNS. Selain itu, oknum-oknum pegawai bahkan pejuabat di kementeruan lain juga ada yang ditangkap polisi setelah ada masyarakat korban calo yang melaporkannya.

Kita berharap pihak kepolisian juga bisa mengantisipasi calo dan joki yang bermain curang dalam proses penerimaan CPNS nanti. Makanya, kepolisian perlu tetap terlibat dalam penerimaan CPNS sebagai mana pernah disepakati bersama antara Kementerian PANRB dan Polri. Beberapa waktu lampau Kapolri mengatakan, jajaran kepolisian di daerah dan pusat tidak akan segan untuk menangkap calo CPNS dan mengumumkan kepada publik apabila ada dugaan keterlibatan calo tersebut dalam proses penerimaan CPNS.

Di balik itu semua, seperti yang sudah kita ingatkan tadi, bahwa masyarakat harus percaya bahwa tidak seorang pun yang bisa meluluskan seseorang menjadi pegawai negeri kecuali atas kepintaran dan keberuntungan si pelamar itu sendiri. Maka belajarlah sejak sekarang agar nanti berhasi dalam test CPNS.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved