Breaking News:

Virus Corona

Mengenal VOC 202012/01, Varian Corona Jenis Baru Hingga Pemerintah RI Tutup Pintu untuk WNA

Varian virus corona baru membuat pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya WNA ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

boldsky.com
ilustrasi - varian baru virus corona 

SERAMBINEWS.COM – Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, membuat Pemerintah Indonesia menutup semua pintu kedatangan untuk warga negara asing (WNA).

“Rapat kabinet terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya WNA dari semua negara ke Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers pada Senin, 28 Desember 2020 di Kantor Presiden.

Menurut berbagai data ilmiah yang diterima pemerintah Indonesia, varian virus jenis baru ini memiliki tingkat penyebaran lebih cepat.

Hal ini lah yang membuat pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya WNA ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

Apa varian jenis baru itu?

Strain varian baru SARS-CoV-2 yang mengandung serangkaian mutasi telah dijelaskan di Inggris dan menjadi sangat lazim di London dan Inggris tenggara.

Berdasarkan mutasi ini, strain varian ini telah diprediksi berpotensi lebih cepat menular daripada strain SARS-CoV-2 yang beredar, laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Meskipun suatu varian dapat mendominasi suatu wilayah geografis, fakta itu saja tidak berarti bahwa varian tersebut lebih menular.

Baca juga: Laporkan Virus Corona Pertama di Wuhan, Jurnalis Tiongkok Dipenjara Empat Tahun

Baca juga: Gara-gara Satu Keluarga dari London Pulang, Virus Corona Ganas Masuk Korea Selatan

Para ilmuwan sedang bekerja untuk mempelajari lebih lanjut tentang varian ini untuk lebih memahami betapa mudahnya varian itu dapat ditularkan dan apakah vaksin saat ini akan melindungi orang dari varian itu.

Saat ini, belum ada bukti bahwa varian ini menyebabkan penyakit yang lebih parah atau peningkatan risiko kematian.

Halaman
1234
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved