Breaking News:

Komunitas

Ekspresi "Gembel" Komunitas Vespa "Rongsokan" Mulai Ditertibkan

Dalam perkembangan selanjutnya, komunitas pecinta Vespa bermunculan. Selain komunitas yang menjaga original Vespa ada pula yang mengubah jadi gembel."

Youtube.com/Tribunnews.com
Penampakan Vespa Gembel. 

Anda tentu sering melihat Vespa jadul dengan penampilan urakan bersileran di jalan raya. Selama ini pengendaranya tampak enjoy-enjoy saja memacu kendaraan yang nyaris tanpa bentuk itu. Di beberapa daerah, komunitas unik ini disebut dengan vespa gembel . Ada pula yang menamakan vespa rongsok. Namun eksistensi mereka tampaknya mulai terganjal dengan ketentuan hukum, karena kendaraan tidak standar sehingga di beberapa daerah mulai dilarang.

SERAMBINEWS.COM

Rubrik Kompasiana.com edisi 28 Februari 2011 menurunkan tulisan berjudul 'Vespa Gembel, Ekspresi Seni atau Selera Esktrim?'

Vespa dahulu sering disebut dengan scooter atau sekuter. Entah apa dasarnya disebut sekuter, mungkin saja ada kaitannya  kendaraan ini dengan dua rodanya yang kecil maka disebut sekuter.

Kendaraan jenis ini sangat digemari di Tanah Air mulai era 1965-1980-an bahkan hingga saat ini walau dalam bentuk yang "lain."

Banyak ditemukan jenis sekuter vespa di Indonesia, misalnya pabrikan Piagio, Lambretta, NSU, Zundap dan Bajaj.

Baca juga: Ayah 10 Kali Rudapaksa Anak Tiri yang Berusia 14 Tahun, Kini Korban Hamil 4 Bulan

Negara-negara penghasil skuter jenis vespa ini antara lain Italia, India,  Brazil dan  Jerman. Akan tetapi di antara negara tersebut yang paling terkenal adalah pabrikan Piagio buatan Italia.

Vespa Piagio dalam berbagai jenis dan varian telah mulai hadir di Italia pertama sekali pada tahun 1884 tepatnya di Genoa, Italia.

Pendiri Vespa sendiri adalah Rinaldo Piagio yang memiliki usaha konstruksi dan karoseri besi dan pengolahan baja.

Baca juga: BKN Sudah Terbitkan 95 Persen Penetapan NIP CPNS 2019, Tersisa 5.818 Orang Lagi

Pabrik Piagio ini lalu diteruskan oleh anaknya Enrico Piagio yang mulai fokus pada kendaran simpel. Maka pada tahun 1947 diproduksi Scooter pertama dengan sebutan Vespa Super Piagio.

Halaman
12
Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved