Breaking News:

Otomotif

Anda Baru Melakukan Perjalanan Panjang? Ini Komponen Mobil yang Harus Diperiksa

"Setelah perjalanan panjang, biasakan memberikan perhatian lebih pada mobil kita. mulai dari kaki-kaki, cairan di ruang mesin, sampai ruang kabin."

Kompas.com
Ilustrasi perawatan mobil. 

SERAMBINEWS.COM - Melakukan perjalanan panjang dengan mobil yang nyaman tentu bisa mengurangi kelelahan. Namun, untuk mendapatkan kenyamanan pada mobil pribadi kita tentu dituntut ketelatenan dalam merawat dan 'sensitif' terhadap kelainan, sekecil apapun.

Setiap kali libur panjang akhir tahun, beban mobil tentu saja lebih berat atau di atas rata-rata. Ini bisa dimaklumi karena mobil harus melalui perjalanan panjang dengan berbagai tantangan. Konsekwensinya adalah memberikan perhatian lebih kepada mobil kita, termasuk dalam hal perawatan, baik menjelang berangkat maupun saat kembali.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan pada mobil kita setiap kali kembali dari perjalanan panjang?

Melansir keterangan resmi Auto200, Minggu (3/1/2021), sedikitnya ada enam sektor pada mobil yang patut diperhatikan mulai dari kaki-kaki, cairan di ruang mesin, sampai kebersihan kabin.

Baca juga: Heboh Butiran Emas di Sungai Alas, Warga Aceh Tenggara Ramai-ramai Jadi Pendulang

Ban merupakan komponen pertama yang perlu diperiksa karena menjadi bagian penting dalam sebuah kendaraan yang menghubungkan mobil dengan permukaan jalan.

Selama liburan, ban mobil bekerja keras menahan bobot kendaraan dan penumpang serta menerjang berbagai kondisi jalan yang tidak semuanya baik.

Oleh karenanya, wajib diperiksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. "Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil. Jika ada yang mencurigakan, segera periksa ke bengkel. Tak lupa, cek ban cadangan," kata Cahaya Fitri Tantriani, CSD & Marketing Communication Dept. Head Auto2000.

Baca juga: Di Sungai Raya, Dua Bocah Perempuan Meninggal setelah Tenggelam di Tambak

Oli mesin juga sangat penting diperhatian. Mesin beroperasi dalam kondisi yang berat karena membawa banyak muatan selama perjalanan berlibur. Oleh karena itu, pastikan volume oli mesin masih sesuai takaran.

Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Kalau pun harus ganti oli, kunjungi bengkel resmi terdekat.

Perhatikan kolong mobil. Pada bagian ini perlu diperhatikan shock absorber dari kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang ada di sekitarnya dari potensi getas dan robek.

Halaman
12
Editor: Nasir Nurdin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved