Breaking News:

Internasional

Kongres Akhirnya Mengesahkan Kemenangan Joe Biden Atas Donald Trump

DPR dan Senat AS akhirnya menyepakati kemenangan Presiden Terpilih AS Joe Biden pada Kamis (7/1/2021) pagi.

Editor: M Nur Pakar
AFP/J. Scott Applewhite / POOL
Wakil Presiden Mike Pence dan Ketua DPR Nancy Pelosi memimpin sesi Bersama Kongres untuk mengesahkan hasil Electoral College 2020, sekaligus menetapkan Joe Biden sebagai Presiden AS ke-46 di Washington DC, Kamis (7/1/2021). 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON - DPR dan Senat AS akhirnya menyepakati kemenangan Presiden Terpilih AS Joe Biden pada Kamis (7/1/2021) pagi.

Pengesahan hasil pemilu 2020 setelah krisis keamanan selama berjam-jam yang menyebabkan ratusan perusuh pro-Trump mengalahkan polisi untuk menyerbu gedung.

“Kekerasan dipadamkan. Capitol diamankan, dan pekerjaan orang-orang terus berlanjut, "kata Wakil Presiden Mike Pence saat dia meminta Senat kembali ke sesi.

Anggota parlemen akan melanjutkan apa yang mereka tinggalkan sekitar pukul 14.00 Rabu (6/1/2021) sore.

Dengan melanjutkan pertimbangan mosi yang ditandatangani bersama oleh puluhan anggota parlemen Republik untuk memblokir suara Electoral College di Arizona.

Baca juga: Senator AS Hampir Berkelahi, Perdebatkan Kemenangan Presiden Terpilih Joe Biden

Tetapi, Kongres akhirnya memberikan suara pada pagi Kamis (7/1/2021) untuk mengesahkan hasil yang menunjukkan Presiden terpilih. Joe Biden mengalahkan Presiden Trump.

Sekelompok anggota parlemen Republik menentang hasil di Arizona dan Pennsylvania, keberatan tersebut tidak menahan pemungutan suara, baik di Dewan Perwakilan Rakyat atau Senat.

Sekitar pukul 03.33 pagi pada Kamis (7/1/2021), Kongres telah mengesahkan suara elektoral yang cukup untuk melampaui ambang batas 270 yang menjamin Biden menjadi presiden ke-46.

Sekaligus, secara efektif mengakhiri upaya putus asa oleh Trump dan para pendukungnya untuk membatalkan hasil pemilu November 2020.

Baca juga: VIDEO Massa Pendukung Trump Geruduk Kongres Capitol, Tolak Kemenangan Presiden AS Joe Biden

Suara untuk presiden Amerika Serikat adalah sebagai berikut:

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved