Breaking News:

Organisasi

PMI Aceh Rakor dengan PMI Banda Aceh Membahas Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

"PMI Banda Aceh yang memiliki UDD dengan peralatan canggih menyatakan kesiapan membantu penderita Covid-19, termasuk memproduksi plasma konvalesen."

PMI Aceh/For Serambinews.com
Sekretaris PMI Aceh, Edwar M Nur (kanan) mendengarkan penjelasan dari Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny (kiri) didampingi Ketua Bidang Pelayanan Darah/UDD PMI Aceh, dr. M. Fuad, Sp.PD.KHOM ketika Pengurus PMI Aceh melihat secara langsung berbagai peralatan UDD PMI Kota Banda Aceh, Jumat (8/1/2021). 

"PMI Banda Aceh yang memiliki UDD dengan peralatan canggih menyatakan kesiapan membantu penderita Covid-19, termasuk memproduksi plasma konvalesen." 

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia yang hampir menyentuh angka 800.000 membutuhkan berbagai solusi terapi. Salah satu terapinya adalah dengan plasma konvalesen untuk membantu tubuh melawan virus mematikan tersebut.

Untuk mendukung dan mengevaluasi kesiapan PMI dalam memproduksi plasma konvalesen, Pengurus PMI Aceh menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Pengurus dan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota  Banda Aceh, Jumat (8/1/2021).

"Rapat koordinasi tersebut kita laksanakan untuk memastikan kesiapan UDD PMI Kota Banda Aceh termasuk kendala yang dihadapi dalam memproduksi plasma konvalesen," kata Sekretaris PMI Aceh, Edwar M Nur.

Baca juga: Personel Polres Aceh Besar Lakukan Penyamaran Tangkap Sopir L-300, Ini Kesalahan yang Dilakukan

Edwar M Nur didampingi Ketua Bidang Pelayanan Darah/UDD PMI Aceh, dr M Fuad, Sp.PD.KHOM dan Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi, Nasir Nurdin.

Rapat Koordinasi yang dipimpin Sekretaris PMI Aceh berlangsung di UDD PMI Kota Banda Aceh.

Berbagai penjelasan tentang layanan di UDD PMI Kota Banda Aceh disampaikan langsung oleh Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny bersama unsur pengurusnya termasuk Kepala UDD, dr Ratna beserta staf. 

Rapat koordinasi ini, menurut  Edwar menindaklanjuti rapat dengan Pemerintah Aceh yang meminta PMI membantu penyediaan plasma konvalesen.

Baca juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 7 Makanan Sehat Selama Trimester Pertama Kehamilan

PMI Kota Banda Aceh yang memiliki UDD dengan peralatan canggih menyatakan kesiapan membantu penderita Covid-19, termasuk memproduksi plasma konvalesen. 

Dalam penilaian Pengurus PMI Aceh, sumber daya yang dimiliki UDD PMI Kota Banda Aceh mampu memproduksi plasma konvalesen namun membutuhkan dukungan penuh Pemerintah Aceh dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Mendagri Minta Perbanyak 3T dan Cek Kepatuhan 4M

Hasil rapat koordinasi juga menunjuk dr. M. Fuad Sp.Pd. KHOM sebagai koordinator tim berkaitan dengan penyediaan plasma konvalesen oleh PMI.

Seusai rapat, Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny mendampingi Pengurus PMI Aceh meninjau berbagai peralatan yang dimiliki UDD PMI Kota Banda Aceh.

Penjelasan teknis tentang berbagai peralatan termasuk fungsinya dijelaskan secara rinci oleh dokter dan tim UDD. (*)

     

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved