Breaking News:

Lifestyle

Ini Manfaat Berkebun bagi Kesehatan, Meredakan Stres hingga Dapat Makan Lebih Sehat

Sebuah penelitian di Belanda menguji kortisol, steroid alami yang membantu tubuh merespons stres, dan menemukan bahwa berkebun bisa menjadi pereda

Kevin (31), Warga Negara Asing (WNA) yang sudah enam tahun lebih tinggal di Simeulue, bertahan hidup dengan berkebun dan menawarkan jasa konsultasi bisnis kepada sesama bule di daerah ini. foto direkam Minggu (6/9).SERAMBI/SARI MULIYASNO 

Sebuah penelitian di Belanda menguji kortisol, steroid alami yang membantu tubuh merespons stres, dan menemukan bahwa berkebun bisa menjadi pereda stres yang lebih baik daripada membaca.

SERAMBINEWS.COM - Studi di seluruh dunia ternyata telah menemukan hubungan antara berkebun dengan kualitas hidup yang lebih baik, di perkotaan maupun pedesaan.

Manfaat berkebun juga bisa dirasakan oleh semua usia, mulai dari anak-anak hingga manula.

Berikut adalah 7 alasan mengapa berkebun baik untuk kesehatan:

1. Berkebun meredakan stres

Sebuah penelitian di Belanda menguji kortisol, steroid alami yang membantu tubuh merespons stres, dan menemukan bahwa berkebun bisa menjadi pereda stres yang lebih baik daripada membaca.

Mereka yang berkebun dalam skala rumahan melaporkan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat psikologis seperti menghilangkan stres.

Mereka yang berkebun dalam skala rumahan biasanya lebih mementingkan manfaat penghilang stres ini daripada manfaat ekonomi yang juga bisa didapatkan dari berkebun.

Hilangnya stres ini terjadi bukan hanya karena kegiatan berkebunnya saja, namun ada bakteri di tanah juga dapat membantu memerangi stres. Bakteri itu diketahui bertindak seperti antidepresan dan membangun sistem kekebalan yang kuat.

Baca juga: Tudung Saji Modern, Praktis dan Tak Makan Tempat

Baca juga: Jadwal dan Format Liga Champions Asia Resmi Diubah Akibat Covid-19

Baca juga: Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar 128 Kali dalam Sepekan, Terjauh 900 Meter

Halaman
1234
Editor: Mursal Ismail
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved