Breaking News:

Sosok Inspiratif

Naik Haji dengan Sepeda Motor dari Cimahi, Singgah di Serambi Mekkah untuk Dilepas Gubernur Aceh

“Insya Allah pada awal Juli 2022 saya bisa tiba di Arab Saudi. Itu artinya saya akan menghabiskan waktu perjalanan satu setengah tahun.

Penulis: Nasir Nurdin | Editor: Nasir Nurdin
Bambang Sukmana/For Serambinews.com
Bambang Sukmana ketika memasuki wilayah Aceh Timur dalam perjalanan dari Cimahi, Jawa Barat ke Kilometer Nol Nol Indonesia, Sabang. 

Minggu pagi, 17 Januari 2021, di Solong Kopi Ulee Kareng, Banda Aceh, Adnan Yacob (Oden), Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Aceh memperkenalkan Serambinews.com dengan seorang pria bernama Bambang Sukmana. Pria yang akrab disapa Papap Ibenk tersebut baru tiba di Kota Banda Aceh setelah melakukan perjalanan darat dengan sepeda motor dari kampung asalnya di Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat. Yang lebih mengejutkan, ternyata perjalanan Bambang bukan hanya sebatas Aceh tetapi akan melanjutkan memacu sepeda motornya menuju Arab Saudi menunaikan ibadah haji ke Mekkah. "Hari ini menyeberang ke Sabang dan dijadwalkan dilepas oleh Pak Gubernur Aceh dari Kilometer Nol Indonesia, Senin (18/1/2021)," kata Oden  didampingi beberapa penggiat otomotif yang 'mengawal' Bambang selama di Aceh.

SERAMBINEWS.COM

Turing pribadi Bambang Sukmana dengan sepeda motornya, Kawasaki Bajaj Pulsar NS200 dari Cimahi dimulai 24 Desember 2020.

Bambang Sukmana foto bersama tim pendampingnya saat memasuki Kota Banda Aceh, Minggu (17/1/2021).
Bambang Sukmana (tengah) foto bersama timnya saat memasuki Kota Banda Aceh, Minggu (17/1/2021). (Bambang Sukmana/For Serambinews.com)

Pria kelahiran Cimahi, 6 November 1976 ini nekat meninggalkan ibundanya, Hj Djunaisih binti Mar’an yang terbaring sakit akibat stroke sejak tujuh tahun lalu.

“Saya pamit pada ibunda dan dua anak saya untuk melakukan perjalanan panjang menuju Tanah Suci. Saya akan mendoakan kesembuhan ibunda saya di Baitullah. Semoga Allah melancarkan niat saya,” ujar Bambang menyiratkan keharuan.

Bambang mengisahkan, setelah mengawali perjalanan dari Cimahi pada 24 Desember 2020 akhirnya pada pukul 01.30 WIB dini hari, Minggu, 17 Desember 2021 dia tiba di Kota Banda Aceh.

Baca juga: Sopir Bus Ugal-ugalan Bikin Warga Emosi, Dipaksa Turun hingga Diancam Bakar

“Dari Jawa Barat saya menyeberang ke Sumatera melewati Lampung-Palembang-Jambi-Padang-Pekanbaru-Medan hingga akhirnya saya tiba di Banda Aceh,” ujar pria yang rela pensiun dini dari salah satu institusi demi mewujudkan obsesinya melakukan perjalanan darat dengan sepeda motor ke Tanah Suci.

Sebelum menyeberang ke Sabang pada Minggu siang, Bambang bersama Oden cs sempat ngopi di Solong Kopi Ulee Kareng.

Sambil menyeruput sisa-sisa kopi di gelasnya, Bambang melanjutkan kisahnya.

“Sekarang saya menyeberang ke Sabang. Insya Allah besok, Senin (18/1/2021) Pak Gubernur Aceh akan melepas perjalanan saya ke Tanah Suci dari Kilometer Nol Indonesia. Satu kehormatan yang luar biasa kepada saya,” kata Bambang dibenarkan Oden.

Baca juga: Bumi Sudah Memasuki Era Kepunahan Ke-6, Penyebab Utamanya Karena Ulah Manusia Ini

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved