Breaking News:

Berita Bener Meriah

Terkait KasusI jazah Palsu, Polisi Sudah Tetapkan Tiga Tersangka

Penyidik Satreskrim Polres Bener Meriah sejauh ini telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan peredaran ijazah palsu yang bersumber...

For Serambinews.com
Kapolres Bener Meriah, AKBP Siswoyo Adi Wijaya SIK. 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Penyidik Satreskrim Polres Bener Meriah sejauh ini telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan peredaran ijazah palsu yang bersumber dari Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

Ketiga tersangka tersebut diantaranya, berinisial AS (37) yang berprofesi sebagai staf Dinas Pendidikan Bener Meriah. Kemudian SM (39) sebagai PNS di jajaran Dinas Kesehatan setempat. Selanjutnya, KS (40) berprofesi sebagai Kasi Perencanaan pada Dinas Pendidikan setempat.

Untuk tersangka AS (37) dirinya mengaku telah membuat sebanyak 30 lembar ijazah palsu yang beredar di seputaran Kabupaten Bener Meriah dan dijual dengan harga bervariasi antara Rp 300 ribu sampai dengan Rp 3 Juta per lembar.

Dalam memalsukan ijazah, ada tiga modus yang dilakukan tersangka AS diantaranya, memakai blangko ijazah asli yang tersisa di Disdik Bener Meriah. Kemudian ijazah asli yang tidak diambil oleh pemiliknya hanya saja diubah nama pemilik dengan cara dikeruk nama asli yang sebelumnya tertera dalam ijazah tersebut.

Modus ketiga, tersangka membuat ijazah palsu dengan menggunakan kertas karton yang dibeli di percetakan kemudian di print tampak seperti asli. Ijazah tersebut dibuat oleh tersangka mulai tahun 2019 hingga 2020 lalu.

Sedangkan tersangka SM (39) berperan sebagai perantara dari tersangka KS (40) dalam transaksi jual beli ijazah palsu tersebut.

“Setelah kita gelar perkara, sejauh ini sudah ditetapkan tiga orang tersangka dalam kasus ijazah palsu tersebut,” ujar Kapolres Bener Meriah, AKBP Siswoyo Adi Wijaya SIK kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Disebutkan, terkait kasus ini pihaknya terus mendalami dan tidak tertutup kemungkinan akan ada penambahan tersangka baru.

Lanjutnya, ketiga tersangka tersebut memiliki peran masing-masing dalam melakukan pemalsuan ijazah yang bersumber dari Disdik setempat.

Halaman
12
Penulis: Budi Fatria
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved