Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Keren! Tempat Pembuangan Sampah Liar Ini Kini Penuh Warna Warni & Viral, Begini Proses Perubahannya

Rupanya, lokasi yang saat ini viral di media sosial tersebut berada di kawasan Desa Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Foto tempat pembuangan sampah liar di Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe yang kini jadi cantik dan viral. 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Postingan foto-foto perbandingan antara lokasi yang dipenuhi sampah dengan lokasi yang sudah indah beredar luas di sejumlah media sosial dalam dua hari ini.

Bahkan, foto-foto perbandingan antara penampakan terdahulu dengan kondisi sekarang itu juga beredar di sejumlah grup WhatshApp di Kota Lhokseumawe.

Foto-foto tersebut ternyata merupakan potret masa lalu saat kawasan itu masih dipenuhi sampah dengan potret sekarang di mana lokasinya sudah disulap menjadi indah.

Rupanya, lokasi yang saat ini viral di media sosial tersebut berada di kawasan Desa Ulee Blang Mane, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.

Hebatnya lagi, untuk mengubah lokasi tersebut, dilakukan secara swadaya oleh para unsur Muspika Blang Mangat, aparatur gampong, dan warga.

Baca juga: 1.900 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Dinkes Kabupaten Aceh Tenggara

Baca juga: Pusat Tak Bangun Stadion Paya Kareung, Untuk Ganti Cot Gapu

Baca juga: Puluhan CPNS Formasi 2019 di Abdya Mengikuti Latsar, Ini Jadwal dan Lokasi

Termasuk juga banyak bahan yang digunakan untuk memperindah lokasi yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah ilegal itu, hanya dengan memakai bahan-bahan bekas.

Camat Blang Mangat, Ridha Fahmi, SSTP, MSP, Selasa (2/2/2021), menjelaskan, kalau di lokasi tersebut yakni jalan lintas Meraksa, dulunya menjadi lokasi tempat pembuangan sampah liar, sehingga sangat mengganggu lingkungan.

Maka, lanjut dia, pihaknya mencari cara yang efektif dalam upaya mengantisipasi supaya lokasi tersebut tidak lagi menjadi tempat pembuangan sampah.

"Sehingga kita sepakati bersama untuk mengubah lokasi tersebut menjadi ruang terbuka publik. Sekaligus dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai pusat jajanan kuliner," ujarnya.

Karena itu, mulai 26 Januari 2021 lalu, pihaknya mulai mengubah lokasi tersebut. Dimulai dengan menyingkirkan semua sampah dan merapikan lokasi.

Baca juga: 5 Prajurit Kodim 0103/Aceh Utara Purnatugas, Ini Pesan Dandim Saat Memimpin Upacara Penglepasan

Baca juga: Seorang Wanita Histeris Lihat Suami dan Anaknya Bersetubuh: Berteriak dan Pukul Keduanya

Baca juga: Mantan Suami Laudya Cynthia Bella, Engku Emran Rayakan Ulang Tahun ke-46 dengan Putrinya

Selanjutnya, berbagai sarana publik di lokasi tersebut seperti jembatan dan lainnya dicat warna-warni biar suasanya jadi indah penuh warna.

Lalu, ada fasilitas tambahan untuk memperindah suasana, sepeti jambo singgah, ditanam sejumlah ban bekas yang juga sudah dicat warna-warna, serta bahan-bahan lainnya.

"Tahapan pembangunan berlangsung sekitar satu pekan. Rencananya Rabu (3/2/2021) besok, akan kita peusijuek (tepung tawar)," papar dia.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini, di lokasi tersebut juga akan dijadikan pusat kuliner.

"Sedangkan pembangunan ini kita lakukan semuanya secara swadaya dari unsur Muspika Blang Mangat, aparat gampong, dan warga setempat," paparnya.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani Beri Diskon Angsuran Pajak Korporasi dan Pembebasan Pajak Karyawan Berlanjut

Baca juga: 1.900 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Dinkes Agara, Ini Jumlah Nakes yang Akan Disuntik

Baca juga: Mahasiswa USK Masuk 12 Besar Finalis Ajang Internasional ODIC 2021

Menurut Camat, di lokasi tersebut juga sudah ada tempat selfi bagi pelintas yang memang ingin berfoto. Meskipun, beber dia, suasana indah akan lebih terasa di lokasi pada sore hari.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved