Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Siap-siap, Poltas dan Disnakermobduk Akan Latih Masyarakat untuk Produksi Souvenir dari Marmer

potensi marmer Aceh Selatan menjadi sorotan publik setelah dibantu pemberitaan secara mendalam oleh media massa beberapa waktu lalu.

SERAMBINEWS.COM/Handover
Ragam produk marmer di Laboratorium Poltas Aceh Selatan. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Politeknik Aceh Selatan (Poltas) dan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh, akan melatih masyarakat Aceh Selatan untuk memproduksi aneka souvenir dari marmer.

Komitmen itu disampaikan pimpinan Poltas dan Disnakermobduk Aceh pada acara penandatanganan MoU "Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja pada Usaha Kerajinan Pengolahan Batu Marmer di Aceh Selatan" di Kantor Disnakermobduk Aceh, di Banda Aceh, Rabu (4/2/2021).

Direktur Poltas, Dr Muhammad Yassar STP MSc (dua kanan) dan Kepala Disnakermobduk Aceh, Ir Fajri MT (tengah) memperlihatkan dokumen MoU pelatihan olah batu marmer dengan Poltas Aceh Selatan.
Direktur Poltas, Dr Muhammad Yassar STP MSc (dua kanan) dan Kepala Disnakermobduk Aceh, Ir Fajri MT (tengah) memperlihatkan dokumen MoU pelatihan olah batu marmer dengan Poltas Aceh Selatan. (Foto kiriman Hasan Basri M Nur)

Anggota Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Aceh, Hasan Basri M Nur, dalam siaran pers kepada Serambinews.com mengatakan, Direktur Poltas, Dr Muhammad Yassar STP MSc mengatakan, kampus yang dipimpinnya siap membantu melatih dan menyiapkan tenaga kerja yang terampil dalam mengolah potensi batu marmer di Aceh Selatan, sehingga memberi dampak peningkatan ekonomi bagi warga.

"Poltas Aceh Selatan ingin membantu pemerintah untuk menggarap potensi yang ada sehingga berimpak pada masyarakat berupa peningkatan keterampilan dalam upaya pengurangan angka pengangguran," kata Yassar yang mantan Ketua KNPI Aceh Selatan.

Dia menambahkan, potensi marmer Aceh Selatan menjadi sorotan publik setelah dibantu pemberitaan secara mendalam oleh media massa beberapa waktu lalu, terutama melalui Serambinews.com.

"Sebelumnya batu marmer di Aceh Selatan hanya dijadikan tanggul. Padahal ia bisa menjadi lantai marmer, meja, rencong, gelas, dan aneka souvenir cantik dan mewah lainnya," ungkapnya.

Perusahaan Produsen Marmer Siap Bangun Pabrik di Aceh

Poltas Produksi Kerajinan Marmer dan Granit

Souvenir rencong dari marmer karya laboratorium milik Poltas, lanjut Yassar, masuk nominasi dalam Anugerah Rencong Batu di level nasional.

"Kami berharap ia akan jadi nomor satu," katanya.

Sementara itu, Kepala Disnakermobduk Aceh, Ir Fajri MT, mengatakan, nota kesepahaman atau MoU ini dalam rangka mengatasi pengangguran dan melatih keterampilan kerja terutama di kalangan usia produktif di Aceh Selatan.

"Ini masih sebatas MoU yang sifatnya kesepahaman. Berikutnya perlu ada ikatan kontrak kerja sama yang lebih kongkrit," katanya.

Fajri menambahkan, outcome dari kerja sama ini adalah diharapkan terbentuk klaster ekonomi baru baru dan destinasi wisata baru dari aneka produk souvenir marmer di Aceh Selatan.

Tamu yang pergi ke Aceh Selatan diharapkan akan mencari dan membeli berbagai souvenir dari batu marmer sebagai oleh-oleh dari hasil produksi usaha masyarakat yang telah dilatih.(*)

Heboh Tambang Emas di Pucok Krueng Sikuleh, Begini Kata Kapolres Aceh Jaya

Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved