Breaking News:

Berita Aceh Timur

DPRK Akan Usulkan Pengganti Anggota KIP Aceh Timur yang Dipecat

Zainal Abidin telah mendapatkan sanksi pemberhentian tetap oleh DKPP, karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

hand over dokumen pribadi
Fattah Fikri, Ketua Komisi A DPRK Aceh Timur 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Berdasarkan Putusan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) Nomor 138 –PKE-DKPP/XI/2020 yang dibacakan 13 Januari 2021 lalu, bahwa Anggota Komisi Independen Pemilihan Kabupaten (KIP) Aceh Timur, atas nama Zainal Abidin, telah mendapatkan sanksi pemberhentian tetap oleh DKPP, karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

Menindaklanjuti Putusan DKPP RI, selanjutnya, KPU RI, mengeluarkan, surat keputusan Nomor 54/SDM.13-Kpt/05/KPU/1/2021 tentang Pemberhentian Anggota KIP Aceh Timur, periode 2018-2023 atas nama Zainal Abidin.

“Memberhentikan saudara Zainal Abidin SE sebagai Anggota KIP Aceh Timur periode 2018-2023. Pada saat keputusan ini berlaku, maka keputusan KPU Nomor 2036/SDM.13-Kpt/05/KPU /XII/2018 tentang pengangkatan Anggota KIP Aceh Timur, periode 2018-2023 atas nama Zainal Abidin dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” bunyi surat putusan KPU RI yang dikeluarkan di Jakarta 19 Januari 2021 lalu.

Setelah KPU RI, mengeluarkan surat keputusan tentang pemberhentian Zainal Abidin dari Anggota KIP Aceh Timur.

Selanjutnya, KPU meminta DPRK Aceh Timur, untuk menyampaikan usulan calon pengganti antarwaktu anggota KIP Aceh Timur periode 2018-2023 berdasarkan peringkat sebelumnya yang dinyatakan lulus sebagai cadangan.

Permohonan KPU RI yang ditujukan ke DPRK Aceh Timur itu tertuang dalam surat keputusan Nomor 48/SDM.13-SD/05/KPU/1/2021 perihal Penggantian Antarwaktu Anggota KIP Aceh Timur, periode 2018-2023.

“Kedua surat tersebut dari KPU RI (tentang pemberhentian, dan pengusulan calon pengganti) sudah kita terima. Selanjutnya, kami (Komisi A DPRK Aceh Timur) akan berkoordinasi dengan KIP Aceh tentang persyaratan tambahannya, dan selanjutnya Rabu atau Kamis kami akan panggil yang bersangkutan untuk diklarifikasi kesiapan dan kesediaanya untuk diusulkan ke KPU RI untuk menjadi calon pengganti,” ungkap Fattah Fikri, Ketua Komisi A DPRK Aceh Timur, kepada Serambinews.com, Minggu (7/2/2021).

Fattah Fikri, mengatakan calon pengganti yang akan dipanggil dan akan diusulkan ke KPU RI yaitu Yusri SE merupakan calon cadangan nomor urut 1 yang dinyatakan lulus sebagai anggota KIP Aceh Timur, periode 2018-2023 oleh DPRK Aceh Timur 3 Desember tahun 2018 silam.(*)

Miris, Ridho Rhoma Kembali Tersandung Kasus Narkoba, Kini Diciduk Lagi Gara-gara Pakai Ekstasi

Kini Buat SKCK tak Harus Lagi ke Polres, Cukup Datangi Lokasi Pelayanan SKCK Keliling

Puskesmas Nurussalam Sempat Ditutup Dua Hari Karena Dokter Positif Covid-19

Dubes RI Lepas KRI Bung Tomo-357 Berangkat dari Sri Lanka ke Pakistan

Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved