Breaking News:

PKS Aceh Beri Peluang Non-Kader, Mulai Jaring Calon Kepala Daerah dan Caleg

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama dewan pimpinan daerah (kabupaten/kota) di Aceh memberi peluang

For Serambinews.com
Makhyaruddin Yusuf 

* Pelantikan Ketua DPD Serentak Seluruh Aceh

BANDA ACEH - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama dewan pimpinan daerah (kabupaten/kota) di Aceh memberi peluang bagi siapapun, termasuk non-kader untuk maju sebagai calon kepala daerah dan calon anggota legislatif (caleg) pada pilkada dan pemilu mendatang.

Ketua DPW PKS Aceh, Tgk H Makhyaruddin Yusuf, kepada Serambi seusai pelantikan Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD) PKS se-Sumbagut termasuk 23 kabupaten/kota Aceh, Sabtu (6/2/2021) mengatakan, salah satu agenda politik DPW PKS Aceh bersama seluruh jajaran pengurus kabupaten/kota saat ini adalah menjaring bakal calon kepala daerah, baik untuk gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, dan juga wakil wali kota.

"Agenda politik yang sedang kita matangkan adalah penjaringan calon kepala daerah, baik internal kader ataupun eksternal kader. Kita berikan kesempatan yang sama kepada non-kader, tentu dengan syarat sesuai dengan visi dan misi partai kita," kata Anggota DPRA Periode 2014-2019 tersebut.

Makhyaruddin menjelaskan, beberapa syarat bagi calon kepada daerah yang akan dijaring oleh PKS, tentu harus memiliki komitmen tinggi untuk membangun daerah, berjanji untuk memberi pelayanan terbaik kepada rakyat, memiliki integritas, memiliki elektabilitas, dan punya dukungan massa.

"Saya rasa ini syarat standar dan nanti menjadi ptertimbangan dari tim yang akan menjaring untuk masing-masing daerah (kabupaten/kota)," katanya.

Makhyaruddin menjelaskan, bahwa PKS terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung dan berjuang bersama PKS untuk melayani ummat melalui jalur politik. "Kita terbuka, tapi tentu dengan syarat itu tadi. Jika memang cocok, satu visi dan misi, Insya Allah kita akan berjuang dan langkah bersama, bersama PKS," katanya.

Selain calon kepala daerah, pihaknya juga akan memberi peluang bagi siapapun untuk menjadi calon anggota legsilatif (caleg) baik DPRK maupun DPRA. Khusus untuk caleg, katanya, PKS akan melaunching program 'caleg dini' pada Juli 2021 nanti. "Kita sudah mulai menjajaki caleg dini dan itu akan kita buka sekitar bulan Juli 2021," kata dia.

Untuk caleg kata Makhyar, tentu harus kader (internal PKS). Namun, tidak menutup kemungkinan juga bagi eksternal PKS, dengan syarat terlebih dulu mendaftar menjadi anggota. "Nanti akan ada waktu untuk pembinaan, kemudian jika memenuhi syarat, siap, tentu akan kita calegkan," katanya.

Kemarin, Ketua DPP PKS Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Hendri Munief melantik 23 Pengurus DPD PKS Kabupaten/Kota se-Aceh periode 2020 -2025 serentak. Pelantikan itu berlangsung secara virtual.

Untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur, selain mempersiapkan kader sendiri untuk menjadi bakal calon dan calon gubernur atau wakil gubernur, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) ternyata juga sedang menjalin komunikasi dengan Ketua DPD Partai Demokrat Aceh, Nova Iriansyah dan Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA), Muzakir Manaf atau Mualem.

"Kalau di luar kader kita komunikasi dengan Nova Iriansyah dan Mualem. Komunikasi ini karena kapasitas keduanya sebagai ketua partai dan tidak menutup kemungkinan pada pencalonan keduanya, kalau Pak Nova kita calonkan mungkin kia bisa jadi wakil, kalau Mualem kita calonkan mungkin kita juga bisa jadi wakil, initnya kita sedang jalin komunikasi," kata Tgk H Makhyaruddin Yusuf.

Lantas apakah PKS Aceh tidak mempersiapkan kader sendiri untuk bakal calon gubernur atau wakil gubernur pada Pilkada Aceh mendatang? Makhyar menjelaskan, penajajakan internal sudah dilakukan jauh sebelumnya. "Di internal juga kita jaring terus, ada dua nama sudah muncul, Bang Nasir Djamil dan Ustaz Ghufran," pungkasnya.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved