Breaking News:

Berita Gayo Lues

Bangunan Retak Usai Ditimpa Longsor, SDN Pepelah Akan Direlokasi, Begini Penjelasan Kadisdik

Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Desa Pepelah, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues (Galus) akan direlokasi oleh pemerintah daerah setempat.

DOK CAMAT PINING
Kondisi pagar pengaman SDN Pepelah, Kecamatan Pining, Gayo Lues yang ambruk usai diterjang longsor, beberapa hari lalu. 

Laporan Rasidan | Gayo Lues

SERAMBINEWS.COM, BLANGKEJEREN - Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Desa Pepelah, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues (Galus) akan direlokasi oleh pemerintah daerah setempat.

Hal itu disebabkan bangunan SD tersebut retak dan amblas setelah terjadi tanah  longsor yang menimpa permukiman penduduk dan bangunan sekolah itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambinews.com, Sabtu  (20/2/2021), tebing (tembok) pengaman gedung SDN Pepelah mengalami ambruk dan amblas.

Imbas dari kejadian ini, para siswa sempat diliburkan dan proses belajar mengajar terganggu.

Namun untuk saat ini, proses belajar mengajar sudah normal kembali setelah para siswa direlokasi untuk belajar pada sebuah bangunan meunasah di desa tersebut.

Baca juga: Ternyata, Ashanty Siapkan Surat Wasiat, Sekarang Masih Dirawat Karena Positif Covid-19

Baca juga: Jengkol Abdya dan Beras Sigupai akan Dipatenkan Milik Abdya, Agar tak Diklaim Milik Daerah Lain

Baca juga: Bak Mobil Truk Interkuler Nyangkut di Kabel PLN, Tiang Listrik Tumbang di Lamtamot

Kini bangunan sekolah itu juga diupayakan akan segera direlokasi ke tempat lain oleh pemerintah daerah via dinas pendidikan bersama instansi terkait lainnya dalam waktu dekat ini.

Bahkan, dilaporkan berbagai upaya juga kini sedang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Gayo Lues untuk mempercepat relokasi SD tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Galus, Kasimudin  kepada Serambinews.com, Sabtu (20/2/2021), mengatakan, setelah terjadi tanah longsor yang menyebabkan tembok pengaman gedung SDN Pepelah ambruk dan nyaris menimpa bangunan gedung lainnya, kini para siswa di sekolah itu telah dialihkan atau direlokasi ke sebuah bangunan meunasah untuk mengikuti proses belajar mengajar seperti biasanya.

"Untuk ganti rugi dan pembebasan atau pelepasan lahan, di Dinas Pendidikan tidak tersedia dan tertampung anggarannya,” bebernya.

“Sehingga dalam hal ini sedang dilakukan upaya untuk mencari lahan dengan berkoordinasi instansi terkait lainnya terutama dengan bagian pemerintahan di Setdakab itu," sebut Kadisdik.

Baca juga: PNL Perkuat Kerja Sama dengan PT Perta Arun Gas untuk Tingkatkan Mutu SDM

Baca juga: Parah! Rumah Irish Bella dan Nicky Tirta Jadi Korban Banjir, Ini Kata Ibel

Baca juga: Hati-hati, Ini 7 Kebiasaan Sepele yang Rentan Bikin Hubungan Rusak dengan Pasangan

Kasimudin menerangkan, dalam merelokasi sekolah tersebut, dalam hal ini Dinas Pendidikan  hanya siap untuk membantu pembangunan fisiknya atau sarana lainnya.

Sementara untuk anggaran ganti rugi atau pembebasan lahannya, ungkap Kadisdik, tidak tersedia dananya di Dinas Pendidikan.

"Sejauh ini, upaya yang sudah dilakukan dalam proses merelokasi sekolah itu,  selain berkoordinasi dengan instansi lain, kini juga sedang dalam mencari lahan baru untuk pembangunan SDN Pepelah yang baru," pungkasnya.(*)

Penulis: Rasidan
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved