Breaking News:

Berita Abdya

Jengkol Abdya dan Beras Sigupai akan Dipatenkan Milik Abdya, Agar tak Diklaim Milik Daerah Lain

Namun, selama ini ternyata belum didaftarkan secara resmi ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI untuk mendapat pengakuan

SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH menerima sertifikat tanda daftar kepemilikan jengkol Abdya sebagai varietas unggul nasional dari Menteri pertanian yang diwakili oleh Gubernur Aceh, Rabu (3/2/2021) di depan jembatan Krueng Teukuh. 

Namun, selama ini ternyata belum didaftarkan secara resmi ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI untuk mendapat pengakuan sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dari daerah ini. 
 

Laporan Mursal Ismail | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Jengkol Aceh Barat Daya (Abdya) dan Beras Sigupai atau juga dikenal Breuh Sigupai adalah dua produk khas Abdya. 

Namun, selama ini ternyata belum didaftarkan secara resmi ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI untuk mendapat pengakuan sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dari daerah ini. 

Dengan demikian, hal ini belum kuat secara hukum dan bisa saja nanti didaftar oleh daerah lain serta diklaim milik daerah mereka. 

Oleh karena itu, Pemkab Abdya kini akan mendaftar Jengkol Abdya dan Beras Sigupai sebagai hak paten milik Kabupaten Abdya. 

Menindaklanjuti rencana pendaftaran Indikasi Geografis Jengkol Abdya dan Beras Sigupai milik Kabupaten Abdya itu, Tim Kanwil Kemenkumham Aceh berkoordinasi dengan instansi terkait di lingkungan Pemkab setempat. 

Baca juga: New Sigupai IP-300 yang Aromatik,  Pulen, dan Super Genjah

Beras Sigupai akan Didaftar Sebagai Hak Paten Milik Abdya, Pemkab Koordinasi dengan Kemenkumham Aceh
Beras Sigupai akan Didaftar Sebagai Hak Paten Milik Abdya, Pemkab Koordinasi dengan Kemenkumham Aceh (For Serambinews.com)

Tim Kanwil Kemenkumham Aceh ini tepatnya melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bidang Pelayanan Hukum. 

Tim Kanwil Kemenkumham Aceh ini dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Hukum Irfan, didampingi Kasubbid Pelayanan Kekayaan Intelektual, Taufik beserta staf.

Dalam pertemuan di Pendopo Bupati Abdya, Kamis (18/2/2021), Tim Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Aceh ini disambut Bupati Abdya, Akmal Ibrahim. 

Halaman
1234
Penulis: Mursal Ismail
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved