Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kodam IM Operasi 33 Pasien Bibir Sumbing dari 7 Kabupaten/Kota di Aceh, Ini Penekanan Pangdam

Operasi bibir sumbing yang mengangkat tema 'Senyum baru anak-anak Aceh bersama Pangdam IM,' itu, merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Kodam IM

FOR SERAMBINEWS.COM
Pangdam IM, Mayjen TNI Achmad Marzuki (kanan) berfoto bersama dokter spesialis bedah plastik, dr Muhammad Jailani SpBE-RE (K) dan Koordinator Smile Train Aceh, Rahmad Maulizar, di sela-sela operasi 33 pasien bibir sumbing di RS Malahayati, Banda Aceh, Sabtu (20/2/2021). 

Operasi bibir sumbing yang mengangkat tema 'Senyum baru anak-anak Aceh bersama Pangdam IM,' itu, merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Kodam IM

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 33 pasien bibir sumbing dan celah langit-langit bocor dari 7 kabupaten/kota di Aceh menjalani operasi bibir sumbing di Rumah Sakit Malahayati, Banda Aceh, Sabtu (20/2/2021).

Kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan oleh Kodam Iskandar Muda (IM) bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia (PERAPI).

Puluhan pasien bibir sumbing dari 7 kabupaten/kota itu, masing-masing berasal dari Aceh Tenggara, Aceh Utara, Bireuen, Pidie, Nagan Raya, Subulussalam, dan Simeulue.

Pantauan Serambinews.com, di sela-sela operasi bibir sumbing yang ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah plastik, dr Muhammad Jailani SpBE-RE (K) bersama tim dokter tersebut, Pangdam IM, Mayjen TNI Achmad Marzuki, menyempatkan diri menyambangi para pasien serta keluarganya.

Baca juga: Organda Kota Banda Aceh Peringatkan Para Pengusaha Angkutan, Ini Permasalahannya

Baca juga: Kwarcab Pramuka Langsa Upgrading Pengurus di Hutan Kota

Operasi bibir sumbing yang mengangkat tema 'Senyum baru anak-anak Aceh bersama Pangdam IM,' itu, merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Kodam IM terhadap masyarakat, terutama bagi para keluarga tidak mampu dan membutuhkan perhatian dan bantuan pengobatan serta pelayanan kesehatan secara gratis.

"Insya Allah kegiatan bakti sosial ini akan rutin kita laksanakan setiap tahun. Ini juga bagian dari 8 wajib TNI, salah satunya yakni membantu kesulitan masyarakat sekitar," kata Pangdam IM, didampingi Kakesdam IM, Kolonel Ckm dr Ismi Purnawan, SpJP (K) MARS, FIHA.

Sebanyak 33 pasien bibir sumbing itu terkumpul dalam jumlah besar setelah Pangdam IM, Mayjen TNI Achmad Marzuki memerintahkan seluruh jajaran, terutama para bintara pembina desa (Babinsa) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk mendata dan menyosialisasikan operasi bibir sumbing yang dilakukan secara gratis di RS Malahayati dan ditangani oleh tim dokter spesialis bedah plastik.

Baca juga: Kebakaran Lahan di Bakongan Meluas, Diperkirakan Sudah Mencapai 47 Hektare

Baca juga: Asrama Selesai Direnovasi, Mahasiswa Aceh di Perantauan Ucapkan Terimakasih kepada Gubernur Nova

"Para pasien dan keluarganya yang sudah tiba sejak Kamis, 18 Februari 2021 di Banda Aceh, kita inapkan di tiga penginapan, di Mars Hotel, Wisma Teuku Umar dan Wisma Iskandar Muda dan kita penuhi semua kebutuhannya.”

“Hal itu tentu bertujuan, agar anak-anak kita yang menderita bibir sumbing ini bisa mendapatkan senyumnya kembali dan meniti kehidupannya ke depan lebih cerah," tambah Kapendam IM, Kolonel Arh Sudrajat, SH.

Pada kesempatan itu turut hadir Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti SSos MSi, Waaster Kasdam IM, Letkol Inf Winarko SAg serta Koordinator Smile Train Aceh, Rahmad Maulizar.(*)

Baca juga: Pengprov Judo Aceh Dapat Dua Wild Card ke PON Papua

Baca juga: Sholat Tahajud pada Sepertiga Malam, Kebiasaan Dilakukan Rasulullah, Apa Hukumnya?

Baca juga: Sangar Ngaku Jenderal Narkoba dan Ancam Polisi di Facebook, Pria Ini tak Berkutik Saat Ditangkap

Penulis: Misran Asri
Editor: Ibrahim Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved