Breaking News:

Berita Luar Negeri

Turki Berperan Penting pada Proses Perdamaian Afghanistan, Peringati 100 Tahun Hubungan Diplomatik

menanggapi ucapara peringatan Menteri Luar Negeri Afghanistan Mohammad Haneef Atmar memuji hubungan persaudaraan Turki dan Afghanistan.

Anadolu Agency
Salah satu landmark utama kota Ankara, Turki, diterangi dengan warna bendera Afghanistan dalam peringatan 100 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Turki dan Afghanistan, Senin (1/3/2021) 

SERAMBINEWS.COM - Turki dianggap penting dalam proses perdamaian Afghanistan, keberhasilan ini sangat penting bagi kedua negara dan memperingati 100 tahun hubungan diplomatik pada Senin (1/3/2021).

Melansir dari Anadolu Agency, Selasa (2/3/2021) menanggapi ucapara peringatan Menteri Luar Negeri Afghanistan Mohammad Haneef Atmar memuji hubungan persaudaraan dan persahabatan yang telah teruji oleh waktu antara kedua negara.

Memberikan gambaran singkat tentang 100 tahun hubungan, Atmar mengatakan babak baru hubungan antara Afghanistan dan Turki terjadi pada 2001 silam.

Saat perang melawan terorisme ketika Turki bergabung dengan komunitas internasional dalam menjanjikan pasukan dan terlibat dalam upaya rekonstruksi.

"Turki dapat memainkan peran kunci dalam membangun dan mempromosikan konsensus regional untuk perdamaian di Afghanistan," katanya.

Baca juga: Wakil Presiden Zimbabwe Kembo Mohadi Mengundurkan Diri karena Skandal Seks

Baca juga: Kabut Asap Pekat Ganggu Pengguna Jalan Nasional Perbatasan Nagan Raya - Aceh Barat

Ia pun meminta pemerintah Turki dan rakyat Turki untuk melanjutkan dukungan mereka untuk tujuan bersama perdamaian yang bermartabat dan berkelanjutan di Afghanistan.

Ia berterima kasih kepada Ankara atas bantuan rekonstruksi senilai lebih dari satu miliar dolar ke Afghanistan.

Selain itu Turki memberikan beasiswa kepada lebih dari 4.000 siswa Afghanistan dan menampung lebih dari 200.000 warga Afghanistan yang tinggal di berbagai kota di Turki.

Baca juga: Israel Kembali Robohkan Rumah Warga Palestina di Yerusalem, Klaim Rumah Pria Disabilitas tak Berizin

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Turki untuk Afghanistan Oguzhan Ertugrul menegaskan kembali dukungan negaranya untuk proses perdamaian yang dipimpin Afghanistan.

“Kami siap, selama bantuan kami dibutuhkan, untuk mendukung saudara-saudara kami di Afghanistan dengan tujuan untuk berkontribusi pada upaya mencapai perdamaian berkelanjutan yang dianut oleh semua segmen masyarakat Afghanistan dan oleh para aktor regional dan internasional," katanya.

Salah satu landmark utama kota Turki, diterangi dengan warna bendera Afghanistan dalam peringatan 100 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Turki dan Afghanistan, Senin (1/3/2021).
Salah satu landmark utama kota Turki, diterangi dengan warna bendera Afghanistan dalam peringatan 100 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Turki dan Afghanistan, Senin (1/3/2021). (Anadolu Agency)

Baca juga: Wali Kota Resmikan Albezits Clinic Bertaraf Internasional

Halaman
123
Penulis: Syamsul Azman
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved