Breaking News:

Berita Banda Aceh

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Tenaga Kesehatan pada Empat Kabupaten di Aceh Lampui Target

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap I untuk tenaga kesehatan di Aceh sampai posisi 2 Maret 2021 jumlahnya sudah mencapai 50.836 orang, atau sudah...

SERAMBINEWS.COM/Handover
dr Hanif, Kepala Dinas Kesehatan Aceh. 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Aceh sampai posisi tanggal 2 Maret 2021 jumlahnya sudah mencapai 50.836 orang, atau sudah sebesar 90 persen dari targetnya 56.470 orang. Dan ada 4 daerah yang sudah melampui targetnya.

“Karena persentase vaksinasi kita sudah mencapai rata-rata 90 persen, maka peringkat vaksinasi Aceh untuk tingkat nasional mungkin sudah naik lagi dari rangking 12 menjadi 10 besar nasional," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif kepada Serambinews.com, Selasa (2/3/2021) ketika dimintai penjelasannya mengenai perkembangan pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Aceh. 

Hanif mengungkapkan, hingga 2 Maret 2021, sudah ada empat daerah yang realisasi vaksinasinya melampui target, yaitu Kota Banda Aceh sebesar 103,6 persen, Kabupaten Aceh Besar 103,1 persen, Kota Lagsa 101 persen, dan Aceh Barat 113,1 persen.

Dan, beberapa daerah akan menyusul, diantaranya Aceh Singkil realisasi vaksinasinya sudah sebesar 99,9 persen, Pidie Jaya sebesar  97,2 persen, Aceh Timur 96,1 persen, dan Kota Sabang 95,6 persen. Sementara Kabupaten Pidie masih terendah 68,9 persen.

Ia mengatakan, tidak hanya pelaksanaan vaksininasi tahap I yang jumlahnya terus meningkat, tapi pelaksanaan vaksinasi tahap II untuk tenaga kesehatan di Aceh, jumlah dan persentasenya setiap hari terus meningkat.

Baca juga: Heboh! Petugas Satpol PP Takut Lihat Jarum Suntik, Histeris Saat Divaksin hingga Lari Terbirit-birit

Baca juga: Tim Gabungan Evakuasi Mayat di Laut Aceh Tamiang ke RSUD

Untuk pelaksanaan vaksin tahap II bagi tenaga kesehatan, jumlahnya sudah mencapai 22.622 orang, atau sebesar 40,1 persen dari 50.836 orang, yang sudah divaksin tahap I sampai posisi 2 Maret 2021.

Jumlah vaksin covid-19 yang tersalur dan terpakai di kabupaten/kota bagi tenaga kesehatan, terus bertambah. Hal ini dikarena vaksin covid-19 itu, sangat dibutuhkan tenaga kesehatan untuk meningkatkan antibodi atau kekebalan tubuh terhadap pencegahan penularan virus corona.

Pada awal pelaksanaan vaksinasi ini, berjalan di beberapa daerah, kata Hanif, masih ada tenaga kesehatan yang ragu untuk divaksin. Tapi setelah rekan-rekan tenaga kesehatan lainnya yang telah divaksin lebih dulu, kondisi tubuhnya sehat-sehat saja, bahkan daya tahan tubuhnya terhadap pencegahan penularan virus corona jadi meningkat, tenaga kesehatan lainnya tidak takut dan ragu lagi menerima vaksin covid-19 ini.

Hal itu, kata Hanif, yang membuat jumlah tenaga kesehatan yang divaksin terus melonjak sampai kini jumlah rata-rata persentase per daerah nya sudah mencapai 90 persen.

Halaman
12
Penulis: Herianto
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved