Breaking News:

Berita Bener Meriah

Kodim Bener Meriah Asah Kemampuan Prajurit dengan Bela Diri Yongmoodo

Seni bela diri Yongmoodo merupakan gabungan dari berbagai seni beladiri seperti Judo, Taekwondo, Aikido, Karate, Jiu-Jitsu dan Hon Sin Sul.

Pendim Bener Meriah
Prajurit Kodim 0119/Bener Meriah mengikuti latihan bela diri Yongmoodo yang berlangsung di Lapangan Pacuan Kuda, Kabupaten setempat, Kamis (4/3/2021). 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Kodim 0119/Bener Meriah menggelar latihan bela diri Yongmoodo bagi prajuritnya yang berlangsung di Lapangan Pacuan Kuda, Kabupaten setempat, Kamis (4/3/2021). 

Latihan bela diri Yongmoodo yang rutin digelar setiap minggunya itu untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan prajurit Kodim 0119/Bener Meriah dalam menguasai tempur perorangan tanpa senjata. 

Komandan Kodim 0119/Bener Meriah, Letkol Inf Valyan Tatyunis mengatakan, latihan Yongmoodo tersebut rutin di laksanakan setiap minggunya guna mengasah dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menguasai bela diri tempur perorangan tanpa senjata. 

Kemudian kata Dandim, bela diri ini juga untuk meningkatkan fisik prima, tangguh yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit khususnya Kodim 0119/Bener Meriah.

“Selain itu, beladiri Yongmoodo menjadi sebuah keharusan dan wajib dikuasai bagi seorang prajurit,” ujarnya.

Disebutkan, seni bela diri Yongmoodo sangat tepat bagi prajurit, sebab beladiri ini sangat mematikan dan merupakan gabungan dari berbagai seni beladiri seperti Judo, Taekwondo, Aikido, Karate, Jiu-Jitsu dan Hon Sin Sul.

Ia menambahkan, kegiatan latihan beladiri militer Yongmoodo ini, bertujuan melatih keberanian serta patriotisme kepada para prajurit, khususnya Prajurit Teritorial yang mempunyai tugas dan tanggung jawab kewilayahan. 

Baca juga: Remaja Putri Ini Teler Berat Usai ‘Ngelem’, Sempat Bergulingan di Tugu Kupiah Teuku Umar

Baca juga: VIDEO Personel Gabungan Temukan 5 Hektare Ladang Ganja di Aceh Utara

Baca juga: VIDEO Wanita Ini tak Kenal Lagi Suaminya Pasca Operasi Kepala, Sang Suami Mengharap Doa

Baca juga: VIDEO VIRAL Pemuda Hampir Tumbuk Tim Medis karena Sakit saat Swab Tes, tapi Akhirnya Lucu

Sementara Kepala Staf Kodim 0119/Bener Meriah, Mayor Inf M Indra Syahputra menambahkan, bela diri Yongmoodo lebih mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat.

Menurutnya, bela diri Yongmoodo merupakan suatu sistim yang sangat efektif dan efesien dilakukan karena terdapat bermacam-macam tehnik seperti, tendangan, pukulan, bantingan, jatuhan dan tehnik kuncian.

Hal itu katanya membuat seni beladiri Yongmoodo ini semakin menarik dan sangat menantang bagi prajurit untuk meningkatkan fisik dan mental.

Sambungnya, kegiatan latihan beladiri Yongmoodo ini dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut sehingga kemampuan prajurit, Kodim 0119/Bener Meriah diharapkan dapat tercapai.

“Kita ketahui beladiri ini memiliki resiko yang cukup tinggi, maka dari itu setiap prajurit harus menjaga faktor keamanan semaksimalnya,” jelasnya.

Kepada peserta Indra juga berpesan, agar tidak ada yang beranggapan bahwa  kegiatan latihan ini  sebagai rutinitas belaka, namun jadikanlah latihan sebagai wahana untuk menempa diri  menjadi prajurit yang terlatih dan profesional.(*)

Penulis: Budi Fatria
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved