Breaking News:

Berita Bireuen

Bupati Bireuen Ingatkan SKPK, Pembangunan tidak Boleh Merusak Lingkungan

Bupati Bireuen, Dr Muzakkar A Gani SH MSi mengingatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) untuk menyusun rencana..

SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Bappeda Bireuen menggelar pertemuan konsultasi publik terhadap rancangan awal rencana kerja Pemkab Bireuen tahun 2022 di Aula Bappeda Bireuen, Jumat (05/03/2021). 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Bupati Bireuen, Dr Muzakkar A Gani SH MSi mengingatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) untuk menyusun rencana kerja atau program pembangunan yang tepat sesuai kebutuhan masyarakat  dan tidak merusak lingkungan.

Penegasan tersebut disampaikan dalam pertemuan Forum Konsultasi Publik terhadap rancangan awal rencana kerja Pemkab Bireuen tahun 2022 di aula Bappeda Bireuen, Jumat (05/03/2021).

Dalam pertemuan yang dihadiri seluruh SKPK, Ketua DPRK,  perwakilan Umuslim, UNIKI dan IAI Almuslim serta perwakilan mahasiswa, DPRK, tokoh masyarakat dan lainnya ditegaskan, setiap pembangunan yang akan dilakukan pastikan tidak merusak lingkungan.

“Jadi sebelum memulai sesuatu program, pekerjaan terutama sekali pembangunan fisik pastikan tidak merusak lingkungan,” ujarnya.

Disebutkan, konsultasi publik merupakan salah satu wahana aspiratif bagi Pemkab Bireuen dalam rangka menjaring berbagai aspirasi untuk mendapatkan berbagai masukan, saran ataupun kritikan dalam rangka mendukung penyempurnaan proses penyusunan rancangan awal dokumen RKPK tahun 2022.

Rencana kerja katanya harus  benar-benar dapat mengakomodir dan menyentuh seluruh kebutuhan dari setiap lapisan masyarakat, secara tepat, cepat, adil dan merata, serta memperhatikan dan mengikuti prinsip-prinsip penyusunan perencanaan yang bersifat teknokratis, partisipatif, politis, top down dan bottom up.

Dalam pertemuan tersebut juga diutarakan beberapa prioritas yang harus dibahas dan disesuaikan dengan rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Kota (RKPK)  antara lain penguatan syariat Islam, pendidikan dan kesehatan, peningkatan perekonomian daerah dan pengentasan kemiskinan. Kemudian, peningkatan infrastruktur berwawasan lingkungan, perdamaian dan reformasi birokrasi.

Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani menambahkan, RKPK Tahun 2022 memantapkan pemulihan ekonomi, pendidikan dan kesehatan mепuju kesejahteraan serta kemandirian masyarakat  dengan isu strategis yang telah diidentifikasi antara lain  optimalisasi pelayanan kesehatan pasca Pandemi Covid-19 dan konvergensi stunting.

Kemudian peningkatan mutu pendidikan dan pemenuhan guru bidang studi, peningkatan infrastruktur dasar, masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, mengoptimalkan lahan pertanian dan perikanan.

Selanjutnya, mengoptimalkan industri kecil, koperasi, UMKM dan peningkatan pemasaran, peningkatan kualitas pemuda dan prestasi bidang olahraga serta pengembangan pariwisata.

Dalam pertemuan yang berlangsung mulai pukul 14.30 WIB, Jumat (05/03/2021) masing-masing kepala SKPK menyampaikan berbagai saran maupun rencana kerja yang berpedoman kepada hasil Musrenbang nantinya.

Kepala Bappeda Bireuen, Muslim MSi kepada Serambinews.com, Jumat (05/03/2021) mengatakan, pertemuan konsultasi publik masing berlangsung, selain pemaparan juga diskusi menyangkut rencana kerja tahun 2022 mendatang.(*)

Baca juga: Dandim 0113/Gayo Lues Mulai Salurkan Bantuan dari Kodam Iskandar Muda

Baca juga: BREAKING NEWS - Aceh Jaya Kembali Kedatangan Kapal dari China

Baca juga: Sayuti Abubakar, Sosok Pengacara Berbasis Pesantren, Siap Dampingi Gubernur Aceh Nova Iriansyah

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved