Breaking News:

Bursa Cawagub Aceh

Sayuti Abubakar, Sosok Pengacara Berbasis Pesantren, Siap Dampingi Gubernur Aceh Nova Iriansyah

Partai Nanggroe Aceh (PNA) menetapkan Sayuti Abubakar SH MH, sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) sisa masa jabatan 2017-2022...

For Serambinews.com
Sayuti Abubakar SH MH. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Partai Nanggroe Aceh (PNA) menetapkan Sayuti Abubakar SH MH, sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) sisa masa jabatan 2017-2022 untuk mendampingi Nova Iriansyah. 

Penetapan itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) DPP PNA Nomor 535/PNA/B/Kpts/KU-SJ/III/2021 tanggal 5  Maret 2021 ditandatangani Ketua Umum Irwandi Yusuf dan Sekjen Miswar Fuady.

Sayuti Abubakar, adalah seorang pengacara praktek di Jakarta. Lahir di  Desa Linggong, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, 15 September 1981. Putra pasangan ayah H Abubakar & ibu Hj Ti Saudah.

Sayuti menjalani masa kecil dan remaja di kampung halaman. Ia menempuh pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanoh Anoe 1987-1993, kemudian dilanjut ke Pesantren Ulumuddin Uteunkot, Cunda, Lhokseumawe 1993-1996.

Melanjutkan Madrasah Tsanawiyah Negeri Matang Gelumpang Dua 1996-1996. Sekolah Menengah umum ia jalani di Bekasi pada 1996-1999. Minatnya pada bidang hukum membuatnya mendaftar di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, dan lulus 2003.

Baca juga: IAIN Takengon Perkuat Sinergi Dengan Pemprov dan Kanwil Kemenag Aceh Untuk Pengembangan SDM

Baca juga: Larang ASN Bermain Game Higgs Domino, Ramung Institute: Pernyataan Bupati Sarkawi Sudah Tepat

Kemudian di sela-sela tugasnya sebagai seorang pengacara, Sayuti menyematkan diri memperdalam pendidikan S2 di universitas yang sama dan lulus 2015.

Sebagai pengacara, ia menangani banyak perkara. Antara lain kasus bobolnya kas Pemkab Aceh Utara dan lain-lain. Ketika itu Sayuti menjadi kuasa hukum terdakwa Ilyas A Hamid dan banyak perkara lain, termasuk  perkara yang melibatkan Irwandi Yusuf dalam kasus tindak pidana korupsi di persidangan pengadilan Tipikor JaKARTA.

Sayuti juga dikenal sebagai tokoh muda Aceh di Jakarta. Ia menggerakkan Ikatan Mahasiswa Pascasarjana asal Aceh (IMPAS) dan sejumlah organisasi pemuda dan mahasiswa Aceh lainnya. Pernah tinggal di Asrama Mahasiswa Aceh FOBA dan sekarang tercatat menjadi salah seorang pengurus Taman Iskandar Muda (TIM), organisasi perkumpulan masyarakat Aceh di Jabodetabek dan Banten.

Sayuti Abubakar sebelumnya adalah calon anggota legislatif (Caleg) dari PKB Daerah Pemilihan Aceh 2 untuk DPR RI dalam Pileg 2019 lalu. Tapi ia gagal meraih suara menuju Senayan.

Halaman
123
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved