Breaking News:

Info Politik

Golkar Dorong Airlangga Capres, PDIP Nilai Posisi Tawar dengan Parpol Meningkat

Posisi tawar dalam relasi dengan parpol lain meningkat, dan evaluasi kepada soliditas internal menjadi lebih terukur.

Editor: IKL
Humas Ekon
Airlangga Hartarto 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menilai Partai Golkar punya perhitungan matang untuk mengusung Airlangga sebagai Capres 2024. Menurutnya, Airlangga figur yang rasional dan kuat dalam analisis.

"Pak Airlangga itu sahabat saya. Figur yang rasional dan kuat dalam analisis. Kalau Golkar memutuskan untuk mengusung beliau, berarti itu didasarkan atas perhitungan matang untuk kepentingan Golkar secara keseluruhan," katanya lewat pesan singkat, Rabu (10/3).

Hendrawan menyebut, dengan mengusung Capres sendiri, Golkar diuntungkan karena mesin partainya ditantang untuk menorehkan prestasi. Program yang dijual dalam kampanye pun menjadi lebih konkret.

"Posisi tawar dalam relasi dengan parpol lain meningkat, dan evaluasi kepada soliditas internal menjadi lebih terukur," ucap anggota Baleg DPR ini.

Lebih lanjut, kata dia, PDIP punya momentum berbeda dengan Golkar terkait Capres. Dia bilang, saat ini partai banteng memusatkan energi untuk menyukseskan program mengatasi pandemi dan resesi.

"Kami benar-benar memobilisasi jaringan untuk menyukseskan vaksinasi sebagai 'game changer' ke depan. Bagi kami, sebagai hasil keputusan Kongres, kewenangan untuk menetapkan hal-hal strategis seperti Pilpres, sepenuhnya ada di tangan Ketum," pungkasnya.

Sebelumnya, Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar telah resmi ditutup pada Sabtu (6/3). Salah satu hasil Rapimnas adalah penunjukan resmi Ketua Umum Airlangga Hartanto untuk maju menjadi calon presiden 2024.

"Rapimnas yang baru saja berakhir menegaskan kuatnya aspirasi dari arus bawah yang menginginkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk dicalonkan sebagai Calon Presiden," kata Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam keterangannya, Sabtu (6/3).

Doli menyebut seluruh DPD dan Ormas telah menyampaikan dukungan pada Airlangga secara resmi.

"Bila selama ini kita menerima aspirasi tersebut secara informal, mendengarkan suara-suara lepas dari bawah, sekarang kami DPP sudah mendapatkan pernyataan aspirasi secara langsung dari seluruh 34 DPD Provinsi, 10 Ormas yang ada di lingkungan Partai Golkar, dan senior-senior yang berada di Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pakar, dan Dewan Etik," bebernya.

Sementara Airlangga sendiri, kata Doli, menyampaikan terima kasih atas dukungan DPD dan siap mempertimbangkan untuk maju pada Pilpres 2024.

"Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Keluarga Besar Partai Golkar. Aspirasi itu akan menjadi pertimbangan beliau dan pada waktunya akan menjawab aspirasi itu. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Golkar sedang fokus membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi," ujarnya.

Adanya dukungan untuk bertarung di Pilpres 2024, kata Doli, membuat Golkar memiliki semangat baru untuk menyusun strategi kemenangan pada 2024.

"Aspirasi tersebut buat kami di Korbid Pemenangan Pemilu DPP menambah energi dan semangat baru, sekaligus menjadi dorongan untuk lebih serius lagi menyusun langkah dan strategi, serta bekerja lebih keras lagi dalam pemenangannya," tandasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved