Breaking News:

Otomotif

Luar Biasa, Insentif PPnBM Berhasil Meningkatkan Animo Masyarakat Membeli Lagi Mobil Baru

Harapan pemerintah untuk menaikkan penjualan mobil baru selama masa pandemi Covid-19 ternyata sukses.

Autonews
Ilutrasi penjualan mobil 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Harapan pemerintah untuk menaikkan penjualan mobil baru selama masa pandemi Covid-19 ternyata sukses.

Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor baru mulai 1 Maret 2021 telah meningkatkan animo masyarakat membeli mobil.

Bahkan, pada model tertentu pertumbuhannya mencapai lebih dari 90 persen.

Sehingga, diharapkan relaksasi yang berlaku 1 Maret 2021 ini dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

Demikian djelaskan Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri usai berbincang dengan agen pemegang merek (APM) otomotif dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/3/2021).

“Sejak dikeluarkannya kebijakan ini beberapa hari lalu, perusahaan otomotif melaporkan peningkatan penjualan,” kata dia.

Baca juga: Pedagang Mobil Bekas Bersyukur, Diskon Insentif Pajak Mobil Baru Dinilai Kecil

Lebih rinci, berdasarkan laporan PT Toyota Astra Motor (TAM) penjualan mobil Toyota yang mendapatkan insentif PPnBM mengalami peningkatan signifikan sampai 95-155 persen.

"Dari data 1-8 Maret 2021, untuk Avanza, Sienta, Rush, dan Yaris total surat pembelian kendaraan (SPK)-nya naik sekitar 94-155 persen kalau dibandingkan dengan SPK Februari di tanggal sama," ujar Anton Jimmy, Marketing Director TAM.

Untuk Vios, yang mendapatkan diskon terbesar hingga Rp 65 juta imbas dari insentif ini, penjualannya naik lebih besar lagi karena sebelumnya permintaannya memang tidak banyak.

Adapun mengenai kondisi produksi dan stok kendaraan, Anton menyebut telah meminta pihak pabrik untuk kerap memenuhinya.

Halaman
123
Editor: M Nur Pakar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved