Breaking News:

Otomotif

Gelap Belum Tentu Lebih Baik, Ini Tips dan Trik Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat

Pemilik mobil yang ingin memasang atau mengganti kaca film agar terlebih dahulu mempelajari seluk beluk dan kegunaan dari kaca film.

Penulis: Zainal Arifin M Nur | Editor: Zaenal
Capture video
Pekerja di Danish Auto Film sedang menjalankan proses mengganti kaca film mobil. 

SERAMBINEWS.COM – Gelap bukan berarti lebih bagus.

Begitulah kira-kira kata yang tepat untuk menjelaskan secara sederhana tentang trik memilih kaca film untuk mobil kesayangan Anda.

“Belum tentu semakin gelap akan semakin bagus dalam menyerap panas sinar matahari,” kata Muhsin, CEO Danish Auto Film, dalam perbincangan dengan Serambinews.com, di workshop Danish Car Interior Lampeuneurut dua hari lalu.

Muhsin menyarankan kepada pemilik mobil yang ingin memasang atau mengganti kaca film agar terlebih dahulu mempelajari seluk beluk dan kegunaan dari kaca film.

Menurutnya, selama ini banyak orang salah mengambil keputusan karena salah dalam memahami fungsi dan kualitas dari kaca film.

“Ada juga kaca film nyaris tidak terlihat karena tingkat kegelapannya hanya 20 persen, tapi mampu menyerap panas matahari sampai 99 persen. Sementara ada juga kaca film yang tingkat kegelapannya 80 persen tapi sangat kecil fungsi dalam menyerap panas,” ungkap Muhsin.

Dia menjelaskan, persentase kegelapan di kaca film dimulai pada angka 20 persen (biasa disebut clear), 40 persen, 60 persen, hingga 80 persen.

“Belum tentu tingkat kegelapan itu akan lebih bagus dalam menjalankan dua fungsi utama yaitu, infrared rejection dan UV reduction,” kata Muhsin.

Muhsin menjelaskan, lembaran kaca film ini dibuat dengan menggunakan teknologi tinggi dan memiliki spek-spek khusus berdasarkan uji laboratorium.

Ada dua fungsi dari kaca film yang paling penting diketahui, yaitu infrared rejection dan UV rejection.

Baca juga: Tutup Mata Pakai Kaca Film Riben, Tingkah Bocah Singkil Demi Melihat Gerhana Matahari

Baca juga: Danish Rambah Kaca Film Mobil

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved