Breaking News:

Internasional

Menhan AS Kunjungi Israel, Ternyata Ingin Redakan Ketegangan dengan Iran

Pakar Timur Tengah percaya kunjungan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ke Israel sebagian besar ditujukan untuk meredakan ketegangan Israel-Iran.

New York Times
Menhan AS Lyod Austin 

SERAMBINEWS.COM AMMAN- Pakar Timur Tengah percaya kunjungan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ke Israel sebagian besar ditujukan untuk meredakan ketegangan Israel-Iran.

Juga memfasilitasi bergabungnya kembali Washington dalam Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yang biasa disebut sebagai Kesepakatan nuklir Iran.

Austin mengatakan AS berkomitmen untuk "keunggulan militer Israel" dan memajukan upaya "kemitraan strategis" dengan Tel Aviv.

Lamis Andoni, seorang analis veteran yang berbasis di Amman kepada Arab News, Senin (12/4/2021) mengatakan kunjungan tersebut pada akhirnya bertujuan untuk membantu AS kembali ke JCPOA.

"Presiden Joe Biden khawatir bahwa (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu ingin meningkatkan situasi di Teluk, dengan tujuan menghentikan kembalinya kesepakatan nuklir Iran," katanya.

Andoni menambahkan Netanyahu hanya peduli tentang masa depannya sendiri, dan karena itu akan fokus pada ancaman Iran yang berlebihan untuk memastikan negara-negara Teluk tetap bersatu melawan Iran.

Ali Jarbawi, seorang profesor di Universitas Bir Zeit, mengatakan kepada Arab News bahwa kunjungan Austin tidak lebih dari upaya untuk menenangkan Israel.

"Mereka ingin Israel diyakinkan pada fakta bahwa pemerintahan baru akan kembali ke kesepakatan nuklir Iran," katanya.

Pensiunan jenderal angkatan udara Yordania, Maamoun Abu Nawwar, mengatakan tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan bahwa Israel tidak meningkatkan situasi di Teluk.

Baca juga: Masalah Pasokan Listrik Guncang Fasilitas Nuklir Natanz Iran

"Fakta bahwa pejabat senior pertama dari pemerintahan Biden yang mengunjungi Israel adalah seorang militer sebagai tanda yang jelas, berharap akan mengatasi potensi eskalasi berbahaya ... antara Israel dan Iran," katanya.

Halaman
123
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved