Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Pedagang Musiman Mulai Jajakan Menu Berbuka Puasa di Kota Lhokseumawe

Memasuki  hari pertama puasa di bulan Ramadhan 1442 Hijriah, masyarakat bisa mendapatkan berbagai jenis menunya yang dijajakan oleh pedagang musiman..

SERAMBINEWS.COM/ZAKI MUBARAK
Penjual jajanan berbuka puasa melayani pembeli di jalan Darussalam, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Selasa (13/4/2021). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE - Memasuki  hari pertama puasa di bulan Ramadhan 1442 Hijriah, masyarakat bisa mendapatkan berbagai jenis menunya yang dijajakan oleh pedagang musiman di Kota Lhokseumawe.

Keberadaan pedagang musiman itu bisa dijumpai hampir diseluruh tempat umum dengan tampilan yang berbeda-beda untuk menarik perhatian pembeli.

Salah seorang warga Desa Teumpok Teungoh, Suryadi mengatakan dibulan puasa bila warga tidak sempat memasak maka solusi praktisnya adalah berbelanja makanan dan minuman siap saji yang dijajakan pedagang musiman.

Lokasinya antara lain ada di Pasar traditional Desa Pusong dan Pasar Inpres Jalan Listrik, Kecamatan Banda Sakti, Pasar Keude Peuntet Kecamatan Blang Mangat, Pasar Traditional Keude Cunda Kecamatan Muara Dua dan Pasar Batuphat di Kecamatan Muara Satu.

Para pedagang musiman akan bermunculan secara otomatis setelah waktu Shalat Ashar sekira pukul 16.00 Wib.

Karena kegiatan itu merupakan bagian dari tradisi orang Aceh yang mayoritasnya beragama Islam.

Sehingga setiap tahunnya, masyarakat dari berbagai profesi ikut serta menjadi pedagang musiman baik dengan tujuan tidak sekedar mencari keuntungan semata, tapi ada juga yang hanya ingin mencari pengalaman, tambahan rezeki.

Suryadi menyebutkan berbagai jenis menu makanan dijajakan pedagang musiman, mulai dari aneka gulai ikan ataupun kari kambing, gulai sayur Pliek U (sayur tradisional Aceh), hingga beraneka ikan panggang.

Demikian juga ada beraneka ragam kue tradisional tersedia sebagai makanan manis berbuka seperti kue adee, lemang, putu, bingkang, hingga apam serta beragam jenis kue tradisional Aceh lainnya.

Halaman
12
Penulis: Zaki Mubarak
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved