Breaking News:

Internasional

Menlu AS Kunjungi Afghanistan Secara Mendadak, Jelaskan Komitmen AS Jelang Penarikan Pasukan AS

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan pada Kamis (15/4/2021).

AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken 

SERAMBINEWS.COM, KABUL - Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan pada Kamis (15/4/2021).

Blinken menemui para pemimpin Afghanistan dan publik yang waspada atas keputusan Presiden Joe Biden untuk menarik semua pasukan Amerika untuk mengakhiri perang terlama bagi Amerika.

Dilansir AP, Blinken bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, kepala eksekutif Abdullah Abdullah, dan tokoh masyarakat.

Sehari setelah Biden mengumumkan bahwa 2.500 tentara AS yang tersisa di Afghanistan akan pulang pada peringatan 20 tahun serangan teroris 11 September yang menyebabkan Invasi AS.

Perjalanannya juga dilakukan setelah NATO segera mengikutinya, dengan mengatakan sekitar 7.000 pasukan non-Amerika di Afghanistan akan berangkat dalam beberapa bulan mendatang.

Mengakhiri kehadiran militer asing yang telah menjadi fakta kehidupan bagi satu generasi warga Afghanistan yang sudah terguncang karena lebih dari itu. 40 tahun konflik.

Blinken berusaha meyakinkan kepemimpinan Afghanistan bahwa penarikan itu tidak berarti mengakhiri hubungan AS-Afghanistan.

"Saya ingin menunjukkan dengan kunjungan saya komitmen berkelanjutan Amerika Serikat kepada Republik Islam dan rakyat Afghanistan," kata Blinken kepada Ghani saat mereka bertemu di istana presiden di Kabul.
“Kemitraannya berubah, tetapi kemitraan itu sendiri bertahan," jelasnya/

"Kami menghormati keputusan tersebut dan menyesuaikan prioritas kami," kata Ghani kepada Blinken.

Dia mengungkapkan rasa terima kasih atas pengorbanan pasukan AS.

Halaman
1234
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved