Breaking News:

Ibadah Ramadhan Jangan Sampai Sia-sia

Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi umat muslim untuk memperbanyak amal ibadah

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/Handover
Ustaz Muhammad Yasir Yusuf. 

BANDA ACEH - Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi umat muslim untuk memperbanyak amal ibadah. Sebab, pada bulan ini, seluruh amal ibadah yang dikerjakan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt.

Tetapi ibadah yang dikerjakan itu bisa menjadi sia-sia jika mengindahkan segala hal yang menghilangkan pahalanya atau shalat fardhunya masih bolong-bolong. Karenanya agar ibadah yang dikerjakan selama bulan Ramadhan ini tidak sia-sia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan harus diubah.

Hal-hal tersebut disampaikan Ustaz Dr Muhammad Yasir Yusuf MA saat memberikan materi pada acara "Serambi Spiritual" Dialog Interaktif Ramadhan 1442 H di studio Serambi FM, Jumat (16/4/2021). Program Serambi Spiritual ini terlaksana atas kerja sama Radio Serambi FM dengan Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI), berlangsung setiap pagi pukul 10.00-11.00 WIB dipancarkan melalui saluran radio 90,2 0 Mhz, dan live streaming di Fanspage Serambinews.com, serta Instagram Serambi FM.

Menurut Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh itu menyebutkan, apa saja tips agar ibadah yang dikerjakan selama bulan Ramadhan tidak menjadi sia-sia, diantaranya dengan mengubah persepsi. “Bulan Ramadhan hanya berlangsung selama 30 hari. Bulan ini juga merupakan bulan penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Oleh sebab itu, perlu bagi kita menyadari dan mengubah persepsi bahwa ini menjadi momentum yang berharga. Dengan demikian, kita tidak akan menyia-nyiakannya. Apalagi mengingat waktunya cukup singkat dan belum tentu bisa bertemu di Ramadhan tahun depan,” ujarnya.

"Jadi karena kita menganggap ini bulan yang penting, maka kemudian kita akan mengambil momentum bulan Ramadhan ini sebagai bulan untuk meningkatkan iman dan takwa kita dengan memperbanyak taubat," tambah Ustaz Yasir Yusuf.

Dikatakan, puasa merupakan kesempatan yang diberikan Allah Swt bagi umat Muslim untuk bertaubat. Karenanya dia mengajak semua umat muslim untuk tidak menyia-nyiakan hari dan malam-malam di bulan Ramadhan.

Selain itu, jelas Ustaz Yasir Yusuf, yang perlu dilakukan agar ibadah di bulan Ramadhan tidak sia-sia adalah dengan melakukan ibadah penuh keikhlasan. Yaitu menjalan setiap ibadah hanya mengharapkan ridha Allah Swt.

Hal itu dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya, ”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari No. 38 dan Muslim no. 760)

Ditambahkan, hadis lain yang  juga menjelaskan tentang keihklasan dalam mengerjakan ibadah malam bulan Ramadhan sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari Muslim yang artinya, “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

"Tapi dengan dua syarat, imaanan wahtisaaban. Kita melakukan ini dengan penuh keikhlasan." "Jadi yang kita harap itu hanya ridha Allah Swt," terang Ustaz Yasir Yusuf.

Agar ibadah di bulan Ramadhan tidak sia-sia, Ustaz Yasir Yusuf juga harus  Ikhtisab. Makna ihktisab yaitu hitung-hitungan. "Kira-kira, hari ini seberapa banyak sih amal ibadah yang sudah kita lakukan?" paparnya.

Ini tidak masalah jika dilakukan, karena tujuannya agar kita lebih semangat mengerjakan ibadah di bulan Ramadhan. Ustaz Yasir Yusuf juga membagikan contoh metode hitung-hitungan agar kita lebih giat beramal di bulan Ramadhan.

Misalnya yaitu dengan membuat daftar segala amal ibadah yang akan dilakukan. Lalu, setiap ibadah yang sudah dikerjakan pada hari itu diberikan cek list sebagai tanda sudah menyelesaikannya. "Jadi itu ikhtisab. Jadi kita berjaga-jaga membuat hitung-hitungan."

"Kalau kita tidak bisa buat hitung-hitungan di bulan Ramadhan, jangan harap di luar Ramadhan (bulan lain) akan bisa melakukan seperti ini," tambahnya.

Metode ini juga bisa menjadi evaluasi bagi kita, sehingga kita bisa memastikan tidak ada hari selama bulan Ramadhan yang terlewatkan secara sia-sia.(yh)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved