Breaking News:

Berita Luar Negeri

Klaim Punya Radar Canggih, Jenderal Iran Tegaskan Pertahanan Udara Terbaik di Kawasan

Iran yang jadi salah satu negara paling aktif di kawasan tersebut baru-baru ini mengklaim memiliki perbatasan udara paling aman di kawasan

AFP/IRANIAN DEFENCE MINISTRY
Dua foto memperlihatkan rudal balistik Ghassem Soleimani, sebelum dan sesudah diluncurkan di sebuah lokasi tak diketahui di Iran, Kamis (20/8/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Selama puluhan tahun, Timur Tengah telah menjadi kawasan paling "panas" di dunia.

Konflik antarnegara kerap kali pecah karena ada kepentingan nasional yang ingin dikejar.

Kemampuan pertahanan jelas jadi hal yang paling utama di kawasan tersebut.

Iran yang jadi salah satu negara paling aktif di kawasan tersebut baru-baru ini mengklaim memiliki perbatasan udara paling aman di kawasan berkat kemampuan pertahanan udaranya.

Baca juga: Juara MotoGP Portugal, Fabio Quartararo Pimpin Klasemen Sementara MotoGP 2021

Wakil Komandan Pertahanan Udara Iran Alireza Elhami mengatakan, kekuatan militer cerdas Iran mampu memantau setiap pergerakan musuh dari jarak yang jauh.

"Pasukan Iran telah memproduksi radar menggunakan teknologi modern canggih yang dapat memantau setiap gerakan musuh dengan sangat baik," ungkap Jenderal Elhami, seperti dikutip Sputnik News (12/4/2021).

Pernyataan sang jenderal sepertinya bukan hanya bualan semata.

Tahun lalu, Amir-Ali Hajizadeh, Komandan Pasukan Dirgantara Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), cabang Angkatan Bersenjata Iran, mengatakan, Iran termasuk di antara 10 produsen radar militer terbaik dunia.

Baca juga: Rudal Supersonik AntiKapal Milik China, Musuh Cuma Punya Waktu 10 Detik Mencegatnya

Hajizadeh menjelaskan, radar Angkatan Udara IRGC bisa mendeteksi pesawat siluman pada jarak 350 km dan target lain sejauh 1.000 km.

Berdasarkan jangkauan tersebut, rasanya tidak ada alasan bagi Iran untuk tidak bisa mencegat kehadiran pasukan udara lawan di sekitar wilayahnya.

Halaman
12
Editor: Muhammad Hadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved