Breaking News:

Berita Bireuen

Santri RIAB Aceh Besar asal Aceh Utara Gelar Pesantren Kilat di Bireuen

santri RIAB gelar pesantren kilat dengan para siswa MTsS  dayah  terpadu Jami’ah Az Zanjabil di Gampong Buket Teukuh, Kota Juang

FOR SERAMBINEWS.COM
Santri pesantren terpadu RIAB Aceh Besar, Sabtu (17/04/2021) melaksanakan pesantren kilat dengan para siswa MTs Dayah Terpadu Jami’ah Az Zanjabil di Gampong Buket Teukuh, Kota Juang, Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Puluhan santri pesantren terpadu Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Aceh Besar yang berasal dari Aceh Utara mengadakan kegiatan pesantren kilat dengan para siswa MTsS  dayah  terpadu Jami’ah Az Zanjabil di Gampong Buket Teukuh, Kota Juang.

Kegiatan antara lain mengajarkan para santri, ceramah agama, pengajian, diskusi dan kegiatan lainnya berlangsung selama enam hari dimulai Sabtu (17/04/2021).

Ketua panitia kegiatan yang juga Ketua Konsulat santri RIAB dari Aceh Utara, M Fatih Syuja kepada
Serambinews.com, Minggu (18/04/2021) mengatakan, para santri dari RIAB Aceh Besar yang berasal dari Aceh Utara melaksanakan pesantren kilat di dayah terpadu Az Zanjabil selama enam hari dengan tema  'bersama Alquran aku bahagia'.

Baca juga: 744 Keluarga Miskin di Pidie Dapat Dana Santunan Ramadhan dari Baitul Mal Aceh

Berbagai kegiatan dengan para santri jenjang MTs dayah tersebut antara lain mengajarkan cara mengumandangkan azan, mengajarkan metode iqra, cara mengambil wudhu yang benar, cara yang benar dalam melaksanakan shalat dan lainnya.

Kegiatan lain berupa pengajian maupun diskusi, mudahkan kegiatan, para peserta dibagi dalam beberapa
kelompok.

Pertemuan pesantren kilat tersebut dimulai pukul 08.00 WIB sampai menjelang shalat dhuhur setiap hari dan dilanjutkan sore hari. Sedangkan malamnya melaksanakan tarawih bersama.

Baca juga: Kisah PNS Bireuen Beternak Jangkrik di Rumahnya, Belajar dari Google Hingga Keuntungan Mengiurkan

Tujuan dilaksanakan pesantren kilat untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

Selain itu untuk menambah ilmu pengetahuan bagi santri dan juga memahami cara melaksanakan ibadah yang sesuai dan benar, cara mengambil wudhuk dan lainnya.

Pimpinan Dayah Az-Zanjabil, Tgk  H Akhtiar Ismail Lc saat membuka kegiatan para santri RIAB di dayahnya antara lain mengatakan, hadirnya para santri dari RIAB Aceh Besar ke dayah sangat bermanfaat.

Para santri Az Zanjabil berkesempatan belajar dan mengaji bersama abang-abang dari RIAB Aceh Besar selama seminggu.

Baca juga: Kisah Film Ottoman Bantu Kerajaan Aceh, Pria Turki Ini Penasaran Hingga Jatuh Cinta Pada Gadis Aceh

Tgk H Akhtiar menambahkan, dalam kegiatan belajar yang paling utama adalah harus ada dalam hati para peserta yaitu mencintai ilmu, dengan mencintai ilmu maka apa yang diajarkan akan mudah diterima.

“Belajar dengan mencintai ilmu akan mudah dipelajari,” ujar Tgk Akhtiar.

Kunjungan para santri RIAB Aceh Besar diharapkan memiliki arti penting bagi peserta pesantren kilat dengan mengikuti berbagai pertemuan yang telah dijadwalkan. 

M Fatih Syuja yang didampingi Agam Fitra  Peunawa menambahkan, karena masih pandemi covid-19, kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan, pertemuan dibagi dalam beberapa kelompok, begitu juga kegiatan disesuaikan. (*)

Baca juga: Viral Video Higgs Domino Game Saat Shalat Berjamaah, Tokoh di Lhokseumawe Minta Polisi Usut Tuntas

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved