Breaking News:

Internasional

Gempa 5,9 SR Guncang Iran, Dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr

Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Bushehr baratdaya Iran pada Minggu (18/4/2021).

Editor: M Nur Pakar
AFP
Gempa 5,9 SR guncang dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr, Iran, Minggu (18/4/2021). 

SERAMBINEWS.COM, TEHERAN - Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Bushehr baratdaya Iran pada Minggu (18/4/2021).

Lokasi guncangan dekat pembangkit listrik tenaga nuklir, melukai lima orang tetapi tidak menyebabkan kerusakan besar, kata media pemerintah.

Kedalaman gempa hanya 10 kilometer menghantam 27 kilometer baratlaut kota pelabuhan Genaveh pada pukul 11:11 waktu setempat dan dirasakan warga provinsi terdekat, kata Badan Seismologi Iran.

Kantor berita negara IRNA melaporkan gempa dan beberapa gempa susulan menyebabkan pemadaman listrik dan saluran telepon.

Tetapi, tidak menyebabkan kerusakan di kompleks Nuklir Bushehr sekitar 100 kilometer dari pusat gempa.

"Kerusakan kecil pada infrastruktur air, listrik, telekomunikasi dan gas Genaveh telah diperbaiki," kata kepala manajemen krisis provinsi itu kepada IRNA.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 6,7 Guncang Kota Surabaya dan Sekitarnya

Dilansir AccuWeather, Badan Survei Geologi AS mencatat gempa berkekuatan 5,8 skala Richter mengguncang Iran pada Minggu (18/4/2021).

Gempa bumi yang signifikan mengganggu aktivitas sehari-hari untuk sebagian wilayah Iran, karena dampak dari gempa sangat luas.

Pusat gempa berada sekitar 27 km timur laut kota pelabuhan Bandar Genaveh, ibu kota Kabupaten Genaveh dalam Provinsi Bushehr dan rumah bagi 60.000 orang.

Segera setelah gempa susulan pertama dapat dirasakan di seluruh provinsi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved